Monday, March 16, 2009

Apply Master Degree

Banyak hal terjadi akhir-akhir ini. Dan hal-hal ini kemungkinan besar akan mengubah masa depan. Pursuing Master Degree adalah salah satu hal yang bisa menambah nilai kita di kalangan masyarakat. Sesuatu yang tentu saja, baik untuk dilakukan. Tapi segala sesuatu yang baik selalu saja ada tapinya.

1. Apply Master di NTU.
Yeah, buat semua orang yang pernah mendengar Suhu sudah bosan sekolah, ingin cepat-cepat lulus dan selamanya tidak akan menoleh ke belakang lagi. Selamat. Kamu bisa menertawakan Suhu sekarang. I'm so going back to school. Memang ini adalah sebuah pengorbanan. Setelah kasus David, masih ada satu lagi yang bunuh diri secara misterius. Aku harus mengesampingan kepentingan pribadiku, dan kembali ke kampus untuk menjaga keseimbangan alam dan menegakkan kebenaran.

2. Apply Master di NUS.
Mereka bilang Nggae Urip Susah adalah universitas paling terkemuka di seantero tanah mengapung ini. Di form pendaftaran Master NUS, tertera batas terakhir pendaftaran adalah tanggal 15 Maret 2009. Maka, sebagai seseorang yang sangat suka tantangan, Suhu baru akan mengeprint, mengisi, dan mengirimkan formulir pendaftaran itu pada tanggal 15. Tepat. Keparat. Tanggal 15 Maret itu minggu, tanggal 14 Sabtu kantornya tutup, dan akhirnya pada tanggal 13, Suhu keliling dunia untuk mengisi formulir itu yang ternyata gak semudah kelihatannya. What a Friday the 13th.

3. Kenapa tiba-tiba apply master.
Singapore sedang dilanda banjir Master dari luar negeri. Teman-teman kita Orang-orang dari Myanmar, Cina, India, dan negara-negara yang mengirimkan sarjana-sarjananya kemari, mulai mengganggu keharmonisan lapangan kerja, terutama di bidang konstruksi. Pada awalnya mereka hanyalah sarjana lulusan universitas negara mereka sendiri. Setelah kemari, mereka perlu mengambil sebuah ijazah agar gelar sarjananya diakui. Akhirnya Master Degree dijadikan sarana balik nama agar bisa bekerja di negara imut ini. Mengingat pengeluaran mereka yang relatif murah dibandingkan yang menempuh pendidikan sejak S1 [baca: Suhu], mereka berani menawarkan gaji yang lebih kompetitif. Jika ini terus terjadi, pursuing Master is not a choice. Master Degree is no longer a value added. It's a survival skill.

4. Feel blessed.
Entah dalam proses apply master ini, aku merasa bersyukur. Somehow, meskipun tanpa persiapan yang matang dan terkendali, semua usaha yang kulakukan untuk apply Master ini lancar. Nampaknya memang tidak salah bahwa 'Doa orang benar, jika didoakan secara bersungguh, sangat besar kuasanya.' [Yakobus 5:16]

5. Thankful
Aku nggak tahu harus mengucap terima kasih dari mana. Sebenarnya, untuk Suhu bisa kembali ke bangku sekolah, kemungkinannya lebih kecil daripada orang kaya masuk kerajaan surga. Tapi nampaknya semua orang di lingkunganku telah me-reshape pola pikirku. Arianto Anugerah yang selalu bawa kerjaan pulang, dan menolak maen DotA karena mau belajar Finance biar bisa masuk ke bidang tersebut di masa depan. Alfonso Hartanto yang mengambil ujian-ujian dengan self-study material dan menyadarkan aku bahwa Life is a Learning Process. Dina buat full supportnya bukan cuma selama pendaftaran tapi juga karena berhasil menahan diri nggak ngetawain Suhu ngambil Master. [Reaksi kebanyakan orang: "Elo hu? Master? Mwahahahaha .... Eh .. elo serius? Oh .. Uh .. sorry ye."]. Septian Hartono karena telah menunjukkan bahwa dengan tidak berhenti belajar kita bisa menghentikan proses penuaan, dengan membuktikan bahwa sekarang Suhu nampak lebih tua sepuluh tahun darinya. Meme yang awalnya ngetawain Suhu mau ambil master, dan membuat Suhu semakin menggebu-gebu buat ambil master. Anyway, Meme sudah ketrima di Universitas Pedang Pembunuh Naga di Canada.

5. Promoted
By the way, aku promoted jadi Management Representative di PT Bangun Subangkit.

Yah, ada tapinya.

Suhu,
tapi ga naek gaji.

5 comments:

nCy . vLa said...

wahhhh keren huuu!!

selamat ya.. sukses selalu..

Agung said...

hari jumat siang, aku liat panda di nus.. kirain mo ada proyek konstruksi baru di nus.. hehe ternyata panda mo sekolah lagi.. semangat Hu!

Anonymous said...

*menunggu liputan suhu tentang nus*

suhu said...

#ncy:
apaan sih ncy. apply doang keren, ntar ah kalo uda lulus baru histeris.

ahahaha

#agung:
bukan gung, itu ilusi mata. mungkin itu saudaraku yang kamu lihat, si zebra.

#ano:
yaaa semoga ketrima.

spider_alf said...

all the best hu, mari belajar bersama!