Friday, January 02, 2009

Tentang Tahun Baru dan New Year Resolution

Langsung ke pokok bahasan masalah, SELAMAT TAHUN BARU semuanya!!!

Tergantung dari sisi mana kita memandangnya, tahun baru bisa berarti sebuah titik pendorong kita untuk melakukan perubahan. Mungkin karena sebab itu orang-orang juga banyak yang menganut sistem New Year Resolution. What's yours? Mine is 1024x768. Mungkin juga karena kita perlu alasan. Kadang memang event-event ini sering dipakai sebagai alasan.

Untuk orang yang biasanya tidak pergi ke misa hari Minggu, hari Natal dijadikan alasan untuk minta libur karena perusahaannya tetap bekerja di hari kudus tersebut. Hari ulang tahun dijadikan alasan untuk tetap berhubungan pada teman yang sudah lama tidak kontak, agar tidak terdengar cuma-telpon-kalo-ada-butuhnya. Oh iya, bahkan Hari Idul Fitri pun tidak jarang menjadi alasan untuk bermaaf-maafan.

Afterall, tahun baru hanyalah sebuah milestone yang akan tetap menjadi sebuah alasan. Alasan bagi umat manusia untuk beli baju baru, sepatu baru, henpon baru, rumah baru, mobil baru, dan yang pasti harus ganti, kalender baru.

New Year Resolution hanyalah sebuah pedoman untuk menjadi motivasi 'mulai hari ini aku akan berubah' dan agak aneh kalau resolusi itu diucapkan tanggal 3 februari ato 23 oktober karena memang hari-hari itu kurang 'angka cantik'.

Tapi untuk apa menunggu tahun depan kalau memang perubahan itu ke arah yang lebih baik. Mari kita teriakkan dengan lantang pada tanggal dua januari, tiga januari, atau bahkan dua puluh lima februari dan tiga puluh satu desember. Bahwa kita mau berubah ke arah yang lebih baik. Dan perubahan ke arah yang lebih baik itu. Tidak. Perlu. Me. Nung. Ging. Gu.

Buat yang mau memaafkan atau minta maaf, tidak usah gengsi, lakukanlah hari ini sebelum matahari terbenam. Jangan tunggu Idul Fitri. Buat yang mau pergi ke gereja mengaku dosa, pergilah sekarang sebelum terlambat, jangan tunggu hari Natal. Yang mau kontak temannya, telepon aja, ngaku aja kangen. Gak ada salahnya, paling dikira homo. Buat yang mau beli baju baru, sepatu baru, henpon baru, rumah baru, mobil baru, jangan tunggu uang cukup, kredit aja jangan buru-buru. Buat yang ingin membuat resolusi tahun baru untuk perubahan ke arah lebih baik, jangan tunggu apa-apa lagi.

Karena satu januari memang hari yang istimewa, karena hanya terjadi setahun sekali. Tapi lupakah kalian, bahwa dua puluh dua maret dan tujuh belas november juga hanya terjadi setahun sekali?

Jadi, untuk Panda Tambun si Mandor Jagoan, apakah arti tahun baru?

Tak ada terompet seruling pun jadi



Suhu,
tahun baru masalah baru.

2 comments:

dina.. said...

ga bikin resolusi :P

suhu said...

#dina:
ya juga boleh. masih ada banyak waktu untuk bikin resolusi kan? Gak harus satu januari gitu loooo