Wednesday, December 03, 2008

Mandor Tanpa Waktu dan Janji Janji Palsu

Setelah berjanji mengapdet blog ini pada mantan guru teka, Suhu masih belum juga menemukan waktu untuk melanjutkan kisah perjalanan ke Hongkong. Bahkan sampai saat ini, proses mengupload foto juga masih belum selesai. Maklum, foto Disneyland dan Ocean Park jumlahnya sekitar tiga ratus trilyun dua ratus lebih.

A lot of things happened recently.

Awal bulan November ini, menejerku mengambil urgent leave karena ibunya masuk rumah sakit. Lalu mengambil annual leave karena ibunya dirawat di rumah sakit. Lalu mengambil compassionate leave karena ibunya meninggal. Otomatis pekerjaan menejer juga tumpah ke tangan mandor. Bagi yang kurang jelas, silakan baca buku IPA kelas 5 eSDe tentang rantai makanan.

Sangat beruntung pada saat itu, asisten Mandor yang satu, Martin, pergi ke Filipin untuk cuti tahunan. Asisten Mandor yang satunya, Tantan, otomatis merangkap pekerjaan dua asisten Mandor. Sementara rekan engineer yang mengurus services seperti electrical dan plumbing works, Calvin, mendadak harus pergi ke Malaysia karena adiknya ditangkap polisi di Kuala Lumpur dan dipenjara. Oh, aku sudah bilang belum, kepala suku Bangla sakit keras.

Terhitung tanggal 13 November 2008, masa ujian di SLTP Sukamaju sudah usai. Berarti anak-anak SLTP Sukamaju libur. Berarti pekerja-pekerja PT Bangun Subangkit mengambil kekuasaan dan sepak terjang kami akan berkumandang sampai tanggal 2 Januari 2009. Bingung? Artinya, tidak ada libur dari tanggal 14 November sampai 1 Januari. Iya, aku tabah dan tegar. Lagipula ini bukan pertama kalinya.

Itu juga salah satu sebab Suhu tidak bisa melanjutkan cerita tentang makanan-makanan enak. Lho? Tapi koq ada waktu nulis ini? Ya, semuanya itu tergantung mood. Kalau moodnya lagi hepi, bisa nulis tentang kisah perjalanan yang hepi-hepi. Kalau moodnya lagi seperti ini. Mood seperti apa?

Oke. Untuk memperburuk masalah. Mari kita simak berita ini. Tenang. Ini bukan site Suhu. Tapi mengingat kecenderungan Departemen Tenaga Kerja negara kecil ini, tentu kita sudah tahu apa yang akan terjadi. Oh, kecelakaan di proyek sekolahan. Untuk mencegah terjadi kecelakaan yang sama, kita akan sweeping semua proyek sekolahan. Oh ya, Suhu sudah bilang kan, kalau proyek Suhu adalah mbangun sekolah?

Tak berapa lama kemudian, Channels News Asia memberitakan berita ini. Lalu Departemen Tenaga Kerja melihat. Oh, ada kecelakaan di Bukit Panjang. Oke, kita akan sweeping semua proyek di Bukit Panjang. Oh ya, proyek Suhu adalah sekolah di Bukit Panjang.

Dan Departemen Tenaga Kerja negara ini suka memberlakukan peraturan-peraturan yang kurang bisa dicerna akal sehat. Cerita mendetil tentang ini akan diposting di lain waktu, kemungkinan besar setelah Suhu menjadi warga negara Amerika Serikat dan tidak lagi membutuhkan izin tinggal di sini.

Ibaratnya seorang guru melakukan razia narkoba di sekolah, lalu menemukan VCD porno dan contekan di tas seorang siswa. Begitu pula Departemen Tenaga Kerja melakukan penggerebekan di site-site kami. Kecelakaan di site lain, kami punya kesamaan, baik lokasi maupun jenis pekerjaan. Kami digerebeg, lalu dipinalti karena kesalahan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kecelakaan tersebut di atas. Di mata hukum, sah. Yang buat hukum, mereka sendiri. Terus kita kapan menangnya?

Yang pasti, tidak mudah untuk seorang Mandor mengatasi semuanya sendiri. Tapi selalu ada jalan keluar dari masalah. Janji-janji palsu.

Jadi kapan kamu bisa menyelesaikan report ini?
By the end of today.
Kapan Calvin datang?
Tomorrow.
Bisa bantu bikin ini buat sekolah nggak?
Can, I will arrange it.
kapan update blog, Hu?
weekend deh.

Suhu,
mandor dengan janji-janji palsu.

3 comments:

konnyaku said...

mantan guru tk yg bertransformasi menjadi corporate bitch dengan high heels dan low cut blazer. :s

i wanna be an 'innocent' preschool teacher again *sob*

Gita Arimanda said...

kok crane nya bisa njempalik gitu nyetirnya piye hu?

suhu said...

#konnyaku:
semangat! i wanna be and i am already 'innocent' mandor.

#gita:
dengan komposisi percaya diri dan driving skill yang berbanding terbalik.