Saturday, October 04, 2008

Tips Merencanakan Perjalanan Panjang Gaya Panda

Berikut adalah tips merencanakan Perjalanan Panjang Gaya Panda

1. Bawa bambu sebanyak batas maksimal bagasi pesawat.
2. Berangkat.





Okeh. Barusan becanda. Mari kita serius. Berikut adalah tips yang benar.

1. Tentukan tujuan perjalanan.
Hongkong.

2. Cari informasi mengenai tempat tujuan.
2.1.Informasi secara general mengenai Hongkong.

"Hongkong ya hu. Hmm... Mirip seperti Makasar dua puluh tahun lalu." [Alfonso, 2008]

Tentu jangan mudah percaya. Karena setelah mendengar komentar semacam ini, setiap orang pasti ingin ke Makasar. Tempat yang, menurut Alfonso, dua puluh tahun lebih maju daripada Hongkong. Gak semua yang elo denger itu bener.

"Tye se wu hen, sya shi lay, tueng tueng tek." [Andreas Lee, 2005, 2006, 2007, 2008]

Chap choy.

Promosi hongkong dari departemen pariwisata setempat. Discover Hongkong.

2.2 Cari Informasi Tempat yang Dituju

Hal-hal seperti ini harus dicari sebelum kamu sampai ke tempat tujuan. Jadi kamu bisa menentukan mana saja yang kira-kira bisa kamu datangi. Dan akan sangat mempengaruhi budget.

Untuk perjalanan kali ini, tujuan utama kita ada dua. Disneyland dan Ocean Park. Disneyland untuk bertemu tikus-tikus dan bebek-bebek dan tupai-tupai berukuran manusia. Ocean Park untuk bertemu dengan Panda-Panda dan Ikan-Ikan seukuran manusia.

Baik Disneyland maupun Ocean Park bisa dilihat melalui internet. Kita bisa menemukan Opening Hours, booking Admission Ticket bila perlu, dan nge-print dulu Park Map nya. Agar saat sampai di sana, kita tinggal mengandalkan fotografik memori untuk meningkatkan efektifitas rute perjalanan.

Lalu cari tujuan-tujuan minor yang dipakai untuk mengisi waktu setelah tujuan utama tercapai. Misalnya, foto-foto di Madame Tussaud, beli eggtart, menambah koleksi selimut dan bantal pesawat, judi di Macau, dsb. Tujuan minor ini bisa sangat banyak jumlahnya, dan tidak harus semuanya terpenuhi. Karena sifatnya hanya mengisi sela-sela waktu agar liburan menjadi padat dan value for money. Dasar cina.

2.3 Biaya ke dan di Sana

Kunjungi link-link berikut untuk merencanakan paket berlibur kamu.
Zuji untuk mendapatkan deal hotel dan penerbangan paketan yang murah meriah.
Travelocity yang terkenal dari reality show Amazing Race juga not bad.
Website maskapai penerbangan masing-masing. (Singapore Airlines, Garuda, Air India, bisa di-Google)
Asia-room untuk booking hotel online.
ctrip untuk yang bepergian ke Cina [Hongkong termasuk Cina]
dan AdultFriendFinder untuk yang mencari teman bepergian

Hal ini sangat berpengaruh besar pada budget. Karena kurang lebih lima puluh persen budget akan dicurahkan ke harga tiket pesawat pada perjalanan berdurasi pendek. Lain halnya kalau kamu ke Hongkong untuk menikah dengan warga setempat, mungkin harga tiket pesawat bisa diabaikan. Kamu perlu memperhatikan banyak hal lain.

2.4 Keperluan Perjalanan

Barang-barang Super Penting
Paspor, Uang, Tiket, Uang, Credit Card, Uang. Tingkat kepentingan uang bisa dilihat dari frekuensi uang disebutkan. Bawa dalam mata uang setempat, dan mata uang lain yang diakui money changer. Misal, Rupiah pecahan 100 ribu ke atas, SGD pecahan 10$ ke atas. Money changer biasanya tidak mau menukar pecahan yang terlalu kecil atau terlalu besar.
Barang-barang Penting
Peta. Pakaian nyaman pakai. Obat-obatan sesuai selera kebutuhan. Kalau hobi sakit perut, ya bawa obat sakit perut. Kalau hobi sakit tenggorokan, ya bawa obat sakit tenggorokan. Kalau hobi banyak jenis penyakit, jangan pergi ke Hongkong. Pergi ke dokter. Universal Travel Adapter/ colokan 2ke3, 3ke2, 3batangke2bulet, 2buletke2gepeng - kalau tempat tujuan kamu tidak cocok dengan alat-alat elektronik yang kamu bawa [misal: shaver, charger batere, gitar listrik, dll].
Barang-barang Cukup Penting
Tas pinggang/ransel untuk dibawa sehari-hari [kecuali kamu gemar narik koper sebesar Megazord di Disneyland]. HP/teleponbimbit/ponsel/telepongenggam kalau kamu berencana membeli simcard nomer setempat. Kamera digital untuk mengabadikan perjalanan. Jangan lupa chargernya.
Barang-barang Tidak Penting Tapi Bisa Dibawa
Tas untuk baju kotor. Tas kosong buat oleh-oleh. Tshirtku ukuran XL, btw.
Barang-barang Tidak Penting Jangan Dibawa
TV, kulkas, dan mesin cuci.

Perlu mesin cuci.



Panduan di atas hanya ringkasan secara general dan subjektif pada masing-masing pihak. Lain orang lain pula kebutuhannya. Tentu ada pembaca yang akan mempertanyakan "Lho nggak perlu bawa sabun dan sampo dan sikat gigi serta pasta gigi?". Sebelum lebih banyak pertanyaan serupa bermunculan, penulis ingin memperjelas. Siapa juga yang mau mandi? Hal-hal seperti itu termasuk trivial dan bisa didapat di hotel atau convenient store terdekat. Dan ingat, membawa sabun cair melewati airport sudah tidak semudah dulu lagi.

3. Siapkan Keperluan Pra dan Pasca Keberangkatan
Pra: Kebanyakan berupa mempersiapkan barang yang akan dibawa. Bisa juga berarti menyelesaikan tugas-tugas di kantor/sekolah agar liburan bisa terasa lebih tenang.
Pasca: Persiapan mental dan spiritual kembali ke alam nyata. Kerja lagi. Atau kuliah lagi. Yeah, life sux. Live it.

4. Berangkat.
Enjoy.

Suhu,
berangkat.

Selanjutnya di kisah di balik hutan bambu.
Hongkong: Kesan Pertama Begitu Menggoda.

3 comments:

dina.. said...

coba baca ini hu

hahaha..

konnyaku said...

Jgn lupa bw memory card ya!aku pernah bw camera,charger,bat ekstra tp ga bw memory cardnya.post tripnya tentu saja ngeblog.hai em hai ar...

suhu said...

#dina:
ah dina. makasih din.

#konnyaku:
luar biasa kamu, la. ga perlu bawa payung? Umbrella, ella, ella, ey ey ey.