Wednesday, October 29, 2008

Hongkong Delicacies: Long Lost Taste of Happiness

Setelah meninggalkan The Peak beserta Madamme Tussaud. Dua turis ini bingung tak tentu arah. Tapi kami tetap tenang. Karena memang kami sudah terbiasa bingung. Senja menyambut dan perut mulai bergemuruh. Suhu mulai cemberut dan tgwinmg mulai mengeluh. Kami lapar.

Mengingat-ingat pesan Alfonso beberapa minggu yang lalu, "Hongkong itu seperti Makasar dua puluh tahun yang lalu". Dan berbekalkan basic cantonese yang diajarkan Andreas Lee, "tuai tuai de". Kami mulai mencari warung Coto Makasar. Maksudku, mencari tempat makan sederhana.

Berbekal peta turisme, kami mencari tempat makan

Membaca peta turisme dengan perut lapar, kami segera menentukan tujuan berikutnya. Tempat yang menawarkan makanan enak dan kegiatan malam. Ladies Street [Nv Ren Jie]. Dilihat dari namanya tentu kalian sudah bisa membayangkan apa atraksi yang ada di sana. Menurut review dari website-website dan informasi pariwisata, tempat inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata malam hari.

PROSTITUSI LEGAL!!!! DHUWAAAAA!!!


Becanda.

Tempat ini adalah salah satu pusat perbelanjaan yang buka sampai dini hari. Suasananya kurang lebih seperti Bugis Street di Singapore. Tapi kesannya lebih leluasa dan kira kira tujuh kali lebih panjang tiga kali lebih lebar dan atapnya satu setengah kali lebih tinggi.

Aku melihat dan memandang, menggeliat dan menerawang. Jalan besar kami lalui, belok ke jalan kecil, melihat gemerlap Hongkong di malam hari. Saat perut kami memegang kendali, kami masuk ke sebuah warung. Tempat makan di Hongkong lebih mirip dengan Makasar Indonesia daripada Singapore. Dalam artian, setiap rumah makan mempunyai 'tanah' sendiri. Tidak seperti Singapore di mana orang hanya punya kios/kedai sewa dan tempat duduk nya gabungan untuk beberapa warung di mana para pembeli bebas duduk di mana pun.

Bingung? Nggak pa pa. Makan. Ngerti makan? Cukup.

Warung pertama yang kami masuki cukup bersahabat. Dapur terletak di depan, dengan kaca besar menghadap trotoar. Tentu saja tujuannya bukan untuk memamerkan kekejian mereka menggantung bangkai babi dan ayam. Tapi sajian-sajian yang mereka siapkan dan asap yang mengepul buas dari dapur itu. Cukup untuk membuat dua turis kelaparan terhipnotis masuk ke dalam.

Eh kiam choy seng...
Sumimasen ... wakarimasen .. *saking kelaparan ga bisa membedakan Cantonese dan Japanese*
Do you have English menu?
Welcome welcome.
Haiiikkk .... *saking gembira ga bisa membedakan English dan Japanese*

Kami memilih dua masakan yang berbeda. Sudah menjadi hukum tak tertulis antara Suhu dan tgwinmg bahwa kami tidak akan membeli makanan yang sama. Kami selalu mencoba sebanyak mungkin variasi makanan untuk memperluas pengalaman wisata kuliner. Karena tgwinmg selalu mencicipi dari piring Suhu. Dan Suhu selalu menyelesaikan setengah dari piring tgwinmg.

Satu hal yang menarik untuk diperhatikan. Menu berbahasa piktograf [entah ini huruf cina, jepang, korea, atau mesir], terdiri dari foto-foto menarik. Dan jutaan pilihan dalam belasan lembar buku menu. Saat kami minta menu in English, yang datang hanya satu lembar A4 bolak-balik. Kami sempat curiga mereka menyisipkan artikel kontak jodoh di menu makanan berbahasa lokal.

Karena kami tidak mau rugi, kami ngotot memesan makanan dari menu berbahasa Mandarin. Meskipun dua orang ini kalau di Malang selalu diteriaki "Cino medhit! Cino medhit! sama anak-anak gang sebelah. Tapi kami warga negara Indonesia seutuhnya. Tidak bisa baca huruf Mandarin. Ciburup. Cino buta hurup.

Berkat gemblengan Elementary Chinese di Ninja Turtles University dulu. Suhu tahu kalau beras itu huruf nya yang mirip bendera amerika. Saat melihat menu itu. Terlihat huruf-huruf yang familiar. Ini adalah huruf yang artinya 'beras'. Berarti ini mestinya sesuatu yang mengenyangkan. Harganya 35 HKD. Berarti ini seharusnya termasuk Main Course.

Ya. Suhu sudah memperhitungkan kemungkinan salah pesan dan mendapatkan bubur atau tajin. Tapi didukung pula dengan foto di sebelahnya, ini terlihat seperti main course. Take the gamble. Kita pesan ini. Apapun itu. tgwinmg pun memesan sesuatu yang hurufnya familiar dengan karakter Hor Fun.

Ini yang muncul.

Kami menunggu sambil minum air hangat. Nampaknya hal biasa di sini. Air hangat gratis di restoran. Seperti beberapa warung di Malang menyediakan teh manis gratis. Tak berapa lama kemudian tgwinmg mengamuk karena kelaparan makanan datang bersama waiter. Maksudku, waiter datang bersama makanan.

Waiter sempat menanyakan sesuatu pada kami dalam bahasa alien. Tapi artinya bisa kami tebak. Kira-kira dia bertanya. Piring ini siapa yang pesan. Piring itu siapa yang pesan. Kami jawab "OKAY". Karena kami sudah kelaparan dan tidak tahu apa yang kita pesan. Nampaknya kami mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan keinginan kami. Sesuatu yang ... random.

Milik Suhu adalah semangkok mi beras bumbu ayam jamur dengan gumpalan daging babi [awas haram!]. Sementara milik tgwinmg adalah Horfun dimasak dengan taoge dan sayur-sayuran tak dikenal dengan citarasa oriental dengan irisan tipis daging dada ayam, bisa ketahuan dari pola seratnya.

Suhu mengangkat sumpit. tgwinmg mengelap sumpit dengan tisu. Kami melahap makanan di depan kami. Air mata meleleh ke ujung pelipis kami. We have found our purpose in life. Ibaratnya melalui penderitaan untuk mencapai kesempurnaan. Kami melihat sinar. Mendengar dengungan harpa yang dipetik para malaikat. Makanan ini. Telah membuktikan filosofi Nothing is Perfect tidak lagi berlaku. Makanan ini. Sempurna.

Sempurna - Andra & The Backbone

Hangat di lidah. Tidak terlalu asin. Jamur yang empuk. Serat ayam yang lembut tapi tidak hancur. Dan yang terpenting, tidak nyangkut di gigi saat digigit. Untuk beberapa menit ke depan kami merasakan surga. Sampai tiba saatnya membayar. 35 HKD memang bukan uang yang kecil. Tapi. Porsinya juga tidak sedikit. Menggembirakan. Ladies and Gentleman. Welcome to Hongkong. The Land of Good Food.

Oke. Yang lagi exam, silakan lanjut belajar satu chapter lagi. Nanti lanjut lagi bacanya.

----------- Belajar buat exam ----------------------

Selamat. Kamu sudah selesai belajar satu chapter. Pusing? Sini, Mandor petualang akan memberikan reward. Catatan perjalanan Panda Tambun yang hijrah ke kampung halaman.

Tetapi pengalaman kami dengan makanan di Hongkong tidak selalu berakhir baik. Seperti di malam berikutnya. Mengikuti pola mencari warung sederhana, Suhu dan tgwinmg merangsek sebuah warung lain. Kami masuk dan warung itu menyediakan air hangat. Tradisi rupanya. Setelah menenggak beberapa teguk air hangat itu. Kami mulai melihat-lihat menu.

Di sini lah mimpi buruk kami dimulai.

TIDAK ADA BAHASA INGGRISNYA! DDHUUWWAARRRR

Untungnya ada foto di setiap baris aksara cina yang dahsyat. Oke. Paling nggak kita bisa milih. Terus gimana pesennya? Tapi masalah ini bukan halangan bagi seorang Mandor yang pekerjanya tidak bisa bahasa manusia Inggris. Dengan penuh percaya diri, Suhu memanggil waiter.

Halo. This one. One. *tunjuk*

Waiter terkesima dengan bahasa inggris Suhu yang luar biasa memukau singkat padat jelas tepat pada sasaran. Lalu waiter berusaha untuk berkomunikasi setelah mengetahui dua orang bermuka cina ini gak bisa ngomong cantonese sama sekali. Setelah dia berusaha meyakinkan dirinya bahwa dua orang ini ngomong bahasa alien yang lebih dikenal sebagai Boso Jowo. Waiter mencoba menyusun kata-kata di dalam kepalanya menjadi sebuah kalimat.

Okay! Okay! One chap choy em sing khoy lak khor tiu bo lu lei yaaa. How many spicy?

Luar biasa. How many spicy. Ini benar-benar serasa di construction site.

One and a half Little bit spicy.

Kejadian berikutnya akan membuat seluruh umat manusia menyesal tidak belajar sejak Cantonese sejak usia dini.

Pesan Pangsit Mie Ayam dikasi Gunung Krakatau Meletus

Awalnya Suhu kira hanya penampilannya saja yang seram. Tapi setelah seruputan pertama. Keringat menetes. Minum air hangat. Tidak membantu. Gigit acar. Fhewwww. Adeemmm. Setelah efek acar worn off, lidah terasa tebal. Oh. Mungkin karena ini sambel ditaruh di bagian atas. Diaduk merata. Campur. Seruput.

Tiba-tiba dunia serasa gelap. Air mata berlinang perlahan di pipi. Hidung mbeler. Di background serasa terdengar suara sholat khusuf dua rokaat. Suasananya benar-benar tidak bisa didefinisikan. Keputusan mencampur sup itu adalah kesalahan terbesar kedua Suhu. Kesalahan terbesar pertama adalah dilahirkan jadi Cina di negara indonesia.

Tapi karena sudah dilatih untuk tidak membuang makanan oleh papa dan mama. Suhu tetap berusaha menghabiskannya. Juga untuk memberikan reportase lengkap pada para pembaca. Siapa tahu di beberapa seruputan terakhir, rasanya seperti ganja. Suhu mengemban tugas berat untuk menghabiskan pangsit mie ayam yang lebih tepat disebut Neraka [Andreas Lee, 2006].

Sampai seruputan terakhir, rasanya masih seperti gunung krakatau

Setiap suapan yang masuk ke mulut Suhu. Rasanya seperti rokok. Serasa menghisap rokok kretek. Dari ujung yang salah.

By the way. Aku tahu kamu barusan tidak benar-benar belajar satu chapter sebelum membaca lanjutan post ini. Jadi sekarang kesempatan kamu untuk benar-benar belajar biar tidak terlalu merasa bersalah. Ayo, kerjakan satu past year exam. Nanti kalah sudah kelar, baca lagi.

---------------------SIMULASI EXAM --------------------------------------------

Please Stop Writing!

Gimana simulasi examnya barusan. Gak bisa? Gak pa pa, itu udah biasa. Yang penting nanti waktu ikjem beneran harus bisa. Semangat!

Lanjut ke tempat makan lain. Tidak hanya makanan saja yang aneh-aneh di negara ini. Di restoran berikutnya. Perlu diketahui tempat-tempat ini didatangi tidak secara berkelanjutan nonstop. Kami tidak serakus itu. Kami tidak hanya menjumpai makanan yang aneh. Kali ini kami menjumpai minuman aneh.


Pepsi Lemon with Ginger

Salah satu yang paling menarik perhatian kami adalah Lemon Pepsi with Ginger. Yang lebih mengejutkan lagi adalah saat gelasnya datang.

Whoa!!! Panas!!!
Heee?
Luar biasa, yang! Pepsi anget!

Nampaknya kita sudah ketinggalan zaman. Saat orang orang kita masih minum wedang jahe. Mereka sudah menciptakan Pepsi lemon jahe anget untuk mengatasi masuk angin.

Jangan heran jika Suhu bisa menulis dengan jelas. Karena di menu warung ini setiap baris ada terjemahan bahasa Inggrisnya. Inilah yang menyebabkan kita mempunyai intelejensia yang cukup untuk memesan Baked Rice.

Tak lama kemudian. Baked Rice datang bersama. Sumpit.

Sumpah. Orang sini benar-benar kreatif. Setelah memastikan di sekeliling kami tidak ada kamera tersembunyi yang akan membuat kita ditertawakan segenap populasi Hongkong di acara malam minggu. Suhu mencoba memakan Baked Rice dengan sumpit.

Nampaknya Oom kepala waiter memahami kesulitan manusia biasa untuk memakan baked rice dengan sumpit. Dengan tersenyum-senyum mesum. Dia meletakkan sendok dan garpu di meja Suhu dan tgwinmg. Lalu Suhu, tetap berusaha memakai sumpit. Sementara tgwinmg menggerogoti Baked Rice dari sisi satunya dengan sendok. Sepiring berdua. Biar mesra. Alasan sebenarnya adalah karena mata uang Hongkong kami sudah menipis.

Baked Rice with Chicken Steak

Nampaknya Oom kepala waiter melihat kesulitan kami. Datang kembali dengan senyum imut nya. Memberikan sepasang sendok dan garpu lain. Dan sebuah mangkok kosong. Nampaknya dia menganjurkan agar kami tidak menunjukkan perilaku terlalu memelas di hadapan umum. Kami berusaha membagi baked rice itu menjadi dua sama rata. Tapi nampaknya Chicken Steak yang sepaket dengan baked rice itu sangat susah dipotong.

Oom waiter datang lagi dengan pisau. Dengan senyumnya. Nampaknya dia mengira kami berdua turis dari negara yang tiap makan pakai pisau dengan garpu. Terlebih lagi didukung dengan kami memesan Baked Rice. Setelah proses ritual yang khusuk disertai dua pasang sumpit dua pasang sendok garpu dan satu pisau di tengah meja. Kami mencoba Baked Rice with Chicken Steak yang merupakan Chef Recommendation warung yang menyediakan wedang Jahe pepsi tersebut di atas.

Kami telah menemukan tujuan hidup manusia. Ini adalah yang dicari oleh umat manusia. Ayam yang tidak alot digigit. Tapi tidak terlalu lembek. Seratnya terasa per helai tapi tidak nyangkut di sela-sela gigi. Telur dadar yang meleleh di lidah. Nasi yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu berair. Baked Rice with Chicken Steak ini sudah surpass kenikmatan duniawi.

Gembira kalau diberi makan, keturunan panda atau lumba-lumba

Inilah petualangan wisata kuliner kami. Mungkin tidak semuanya berkenan di hati pembaca. Tapi. Kami tidak peduli. Kami telah mencapai penerangan sempurna. Kami melihat pintu surgawi. Kami mengintip taman bermain para malaikat. Kami sempat merasakan paradise. Semua perasaan yang tidak bisa dialami manusia biasa yang belum mencoba makanan-makanan Hongkong. Tapi kami tahu kami salah.

Kami tahu kami belum sampai di surga.

Karena kami mencapai surga lapis ke tujuh. Setelah mencoba snack/cemilan di Hongkong.

Suhu,
mencari surga dunia.

Berikutnya Hongkong Snacks: The Taste Beyond Your Sky hanya di kisah di balik hutan bambu.

15 comments:

PHY said...

kira2 saya sudah menjalankan instruksi ngerjain past examnya gak,hu? =P

konnyaku said...

duh itu mi pedesnya bikin ngiler bangettttttt.....

pengennnn...

jalan2 ke hongkong huhu..

suhu said...

#phy:
kamu tipe-tipe yang cepat keluar kayaknya. Maksudku exam lho ya. Bukan keluar yang lain.

#konnyaku:
neraka.

Andy Prima Kencana said...

Hu berapa lama di hongkong nya?

wakaka gw baca nya ngakak....

pedes bgt ya? hahaha minum nya anget lagi.

tp yg paling creatif itu yg pepsi anget pake jahe.

mgkn bs laku buat gantiin wedang jahe.. gmn rasanya?

Larissa said...

aku mau potonya yes inn hostel nya dooooooooooong~

hadi said...

Huruf beras bukannya lebih mirip bendera Inggris ya. Kl bendera Amerika nggak mirip sama sekali.

dina.. said...

hu, makanan lainnya hu, pos2
:D

suhu said...

#andy:
aslinya sih cuma 4 hari. tapi pengalaman kami worth 4 tahun tinggal di Hongkong. rasanya kayak pepsi dicampur jahe, ndy.

#larissa:
ga boleh. kamu masih di bawah umur.

#hadi:
coba kamu belajar mandarin lagi. kalau sudah yakin mandarinmu bagusan, belajar bendera-bendera negara lain. kalau sudah kontak aku lagi, mungkin saja aku salah.

#dina:
din, posting selanjutnya bakal ga terlalu menarik buat kamu. kami sama sekali tidak menemukan tempat dengan logo ijo bunder bertulisan arab. tepatnya, kami tidak mencari.

Anonymous said...

Bonjorno, kisahdibalikhutanbambu.blogspot.com!
dove avete gi? acquistato e tutto ?? andato liscio? Grazie. [url=http://farmamed.fora.pl/ ]Come Compra cialis generico[/url] Ricerche simili aquisto cialis generico bici corsa specialized bici da corsa [url=http://farmitalia.fora.pl/ ]Come Comprare cialis generico[/url] a comprarlo e posso comprare il cialis senza ricetta. [url=http://milanofarma.fora.pl/ ]Come Compra cialis generico[/url] cialis generico|generici|cialis comprare|cialis acquisto|cialis vendita|cialis [url=http://farmanova.fora.pl/ ]Come Comprare cialis generico[/url] Ottenere la ricetta medica per il Cialis - ordina farmaci per impotenza Viagra [url=http://farmaroma.fora.pl/ ]Come Compra cialis generico[/url]

Anonymous said...

My Girl friend just broke up with me and I have uploaded every nude PIC I have of her to the net. Just go to http://www.gf4free.com/members/surferdude23/ Enjoy!

[url=http://www.gf4free.com/members/surferdude23/][img]http://www.gf4free.com/members/surferdude23/uploads/9.jpg[/img][/url]

Anonymous said...

Well I just got a text message from my girl friend that she broke up with me! Bad news for me but great for you. Just go to http://www.gf4free.com/members/surferdude23/ Enjoy!

[url=http://www.gf4free.com/members/surferdude23/][img]http://www.gf4free.com/members/surferdude23/uploads/9.jpg[/img][/url]

Anonymous said...

Well I just got a text message from my girl friend that she broke up with me! Bad news for me but great for you. Just go to http://www.gf4free.com/members/surferdude23/ Enjoy!

[url=http://www.gf4free.com/members/surferdude23/][img]http://www.gf4free.com/members/surferdude23/uploads/9.jpg[/img][/url]

Anonymous said...

Well it turns out my girl friend of 2 years has been cheating on me for weeks. I know she and her friends hang out on this site so thought it would be the perfect place to post every last nude photo and video I have of her. Just go to http://www.gf4free.com/members/surferdude23/ Enjoy!

[url=http://www.gf4free.com/members/surferdude23/][img]http://www.gf4free.com/members/surferdude23/uploads/9.jpg[/img][/url]

Anonymous said...

Well it turns out my girl friend of 2 years has been cheating on me for weeks. I know she and her friends hang out on this site so thought it would be the perfect place to post every last nude photo and video I have of her. Just go to http://www.gf4free.com/members/surferdude23/ Enjoy!

[url=http://www.gf4free.com/members/surferdude23/][img]http://www.gf4free.com/members/surferdude23/uploads/9.jpg[/img][/url]

Anonymous said...

Well my girl friend just broke up with me over email about an hour ago so thought this would be a great place to start spreding her pics like she did her legs. Just go to http://www.gf4free.com/members/surferdude23/ Enjoy!

[url=http://www.gf4free.com/members/surferdude23/][img]http://www.gf4free.com/members/surferdude23/uploads/9.jpg[/img][/url]