Friday, September 26, 2008

Ulang Tahunku Tahun Ini

Ini memang bukan pertama kalinya ulang tahun dilewatkan dengan cara biasa seperti hari-hari sebelumnya. Kebanyakan ulang tahun ku di masa-masa jahiliyah sekolah dilalui dengan cara seperti ini. Tidur jam sembilan malam, bangun jam sembilan pagi hari berikutnya. Kebetulan hari itu adalah hari ulang tahun. Menerima beberapa ucapan. Life goes on.

Ini juga bukan pertama kalinya ulang tahun dirayakan. Sejak masuk NTU, ulang tahun Suhu hampir pasti selalu dirayakan. Mengingat kepopuleran Suhu, menimbang kemisteriusan Andreas Lee, dan keberingasan Apong, banyak yang menghadiri perayaan ulang tahun Suhu di kantin dua atas berbagai alasan yang berbeda. Mulai dari ingin ketemu Andreas Lee, penasaran akan siapakah tgwinmg, sampai dengan takut dibunuh Apong sungkan membuat Apong kecewa telah susah mengundang.

Tapi ini adalah pertama kalinya ulang tahun yang semula hendak dilewatkan, dirayakan.

Bingung?

Tak mengapa, kamu tidak sendiri.

Jadi ceritanya dimulai pada semalam sebelum hari-H, tanggal 25 September 2008. Suhu yang setengah berbincang-bincang dengan Davis di MSN. Mendadak terkapar tanpa sebab yang jelas. Sebenarnya penyebabnya cukup jelas. Ngecor tiga hari berturut-turut tanpa jeda bisa membuat ulang tahun tidak berarti.

Suhu menunggu balasan dari layar kaca yang tak kunjung tiba. Karena Davis meninggalkan pembicaraan untuk mengurus laundry. Terlihat tulisan TheFish is idle for 15 minutes. Suhu berpikir, mungkin sambil menunggu Davis ngelaundry, mungkin bisa bobo sebentar. Tidak berapa lama kemudian. Terjadi kejutan paling luar biasa dalam sejarah ulang tahun Suhu.

Pintu kamarku didobrak, dan dua orang berseragam polisi dan dua orang berseragam perawat masuk dengan tiba-tiba. Rupanya Davis mengkhawatirkan kondisi Suhu yang mendadak hilang dari MSN dan curiga Suhu melakukan tindakan-tindakan bodoh. Seperti bungee jumping dari lantai sembilan dengan ikatan di leher instead of di kaki. Ditunjang dengan faktor display message Suhu yang berbunyi 'Tingkat kesulitan pekerjaan mencapai Djantjok Koeadrat', Davis membuat solusi berani dengan melaporkannya ke neighbourhood police sebagai kasus bunuh diri.


Paragraf di atas benar-benar fiktif belaka.

Pukul dua belas tepat. Tengah malam. Pergantian hari dari tanggal 25 ke 26 September 2008. Arianto dan Bejo, flatmate Suhu, masuk sambil berteriak "HAPPY BESDE!!!" Sayang sekali, tak disangka tak dinyana, Suhu sudah terkapar dengan mulut berbusa dan bercumbu mesra dengan gulingnya.

Agenda lima belas menit ke depan diisi dengan acara kompetisi Bejo dan Arianto membangunkan Suhu. Direkam dengan digital camera Arianto. Diikuti dengan kejar-kejaran berdurasi tiga menit delapan detik di dalam flat, usaha Suhu melenyapkan rekaman maksiat tersebut. Dan ditutup dengan lenyapnya video berdurasi sekitar lima belas menit itu. Bersama dengan kamera yang bungee jumping dari lantai sembilan. Tanpa tali.

Lalu masuklah kami ke acara ulang tahun Suhu yang ke 23. Terima kasih teman-teman. Terutama untuk kamu yang di belakang sana yang barusan bilang "Astaga! Kukira 32!". Aku masih bisa mendengarmu dengan jelas. Mau bungee jumping bareng? Tandem gitu. *Sangu gunting*

Karena tiga bujang teknik [Bachelor of Engineering] ini kurang kreatif. Maka jadwal acara ulang tahun diambil dari template ulang tahun di NTU. Dimulai dengan Arianto nyanyi Happy Birthday diiringi Bejo main gitar. Diikuti dengan Bejo nyanyi Tiup Lilinnya [dengan nada Satu Nusa Satu Bangsa Panjang Umurnya kunci dasar F kres minor] diiringi Arianto main gitar. Lalu Suhu meniup lilin.

Mematikan lilin dengan meniup sudah biasa, kali ini kita hisap sampai mati



Mengingat kami bertiga besok masih harus kerja untuk menghidupi anak dan istri kami. Ya, aku bohong lagi, kami memang belum punya anak istri. Tapi kami tetap masih harus kerja besok. Suer, yang itu gak bohong. Mengingat kami bertiga masih harus bangun pagi. Acara dibuat sesingkat-singkatnya. Setelah tiup lilin, selingan guyon garing jakarta yang selalu muncul tiap acara ulang tahun NTU, dihapus total.

Chop chop wow



Dilanjutkan dengan potong kue. Ini sangat cepat. Dua pi radian. Tiga orang. seratus dua puluh derajad. Luar biasa mudah. Maka tahun ini first cake diberikan kepada.

....

...

..

.

Bejo.

Ini mantan rumet ku [kanan] yang beberapa kali diiklankan sebagai HiQuality Jomblo, sekarang suda punya pacar



Seperti tiap ulang tahun anak NTU, setelah memberikan first cake, harus ada alasannya. Alasannya adalah. Arianto pegang kamera.

Serah terima bahan makanan ke korban kelaparan di Panama



Lalu first cake diberikan kepada. Arianto. Alasannya adalah. Bejo pegang kamera. Dan itu bukan typo. First cake diberikan kepada Bejo dan Arianto. Karena, kalau kamu lihat dengan saksama. Cake pada dua foto tersebut, adalah cake yang sama.

Setelah memastikan bahwa semua hadirin mendapatkan cake. Pihak penyelenggara, Bejo. Pihak dokumentasi, Arianto. Dan pihak pelaksana, Suhu. Mohon diri. Memasukkan cake yang tersisa ke dalam kotak. Memasukkan kotak ke dalam kulkas. Dan memasukkan kulkas ke dalam topi. Ditarik keluar jadi kelinci. Lho koq malah jadi acara sulapan.

Terima kasih untuk semua partisipan acara ini. I would like to extend my gratitude untuk, in order of appearance:

tgwinmg, yang sudah nyiapin kado ultah seminggu sebelum aku dilahirkan hari-H. Nampaknya aku memang harus membiasakan diri dengan datang ke tempat temu janji lebih awal, menunggu check-in pesawat empat jam sebelum boarding pass dibuka, dan menerima kado ulang tahun seminggu sebelum aku sempat dilahirkan. Because, in this fast paced world, we're going to lose out if we move slow.

Davis, yang sudah manggil polisi.

Arianto dan Bejo, yang menyelenggarakan acara ultah dadakan. Dan melatih Suhu dengan kejutan/shock therapy agar tidak lebih mudah terkena heart attack di hari tua.

Cece, yang MSN met ultah.

Dika, yang gak mau gelarnya dicantumkan di undangan nikah.

Feny 26 September [dengan satu eN dan pake Ye], salah satu orang yang saat bilang "Happy Birthday" bisa menjawab dengan "You are welcome!".

Semua yang ngucapin ultah yang gak bisa disebut satu-persatu. Halah, gaya tok, koyok akeh-akeh o sing ngasi slamet.

Apong, sponsor busana. Baju kuning di foto adalah oleh-oleh dari Apong waktu dia wisata esek-esek kuliner ke Thailand. In order of appearance, karena baju ini baru dipake waktu mau difoto. Yang menjelaskan kenapa rekaman video itu maksiat. Suhu tidur telanjang. Dada.

Suhu,
pejuang serikat buruh untuk Happy Birthday Leave. Satu hari pertahun. Transferable if clashed with public Holiday.

9 comments:

Gita Arimanda said...

SUHUUUUUUUUU!
happy birthday!!!
Pantesan kemaren sempet chatting...wkwkwk

PHY said...

happy birthday su hu..happy birthday su hu..happy birthday su hu..uuu

happy birthday suu...huu...

*kesimpulan: to you = su hu*

:D

~'FeN'~ said...

Happy birthday, Suhu...
Wish u atb...
Ngecor selalu!!!
Hihihi...
^^

choiharn said...

Happy belated birthday di!

doramimiauw said...

Wah tanggal ultah nya sama kek tanggal sidang gw, lucky day donk hehe...
Eniwei, happy belated bday!!!
Wish u all d best, in job, love, and life!!! Always happy and healthy...
GBU!!

suhu said...

#gita:
gak, itu karena aku malas kerja. gak ada hubungannya ama ultah.

#phy:
bagus kamu narik kesimpulannya. bisa jadi dosen kalo uda gede nanti. ato pejabat.

#fen:
yow makasi makasi. hafalin lagunya, ngecor, ngecor, diawasin mandor.

#choo:
ty jie.

#doramimiauw:
sukses buat sidangnya, semoga yang bersalah dihukum selayaknya.

lea said...

Happy Birthday Suhu, biarpun ga kenal langsung tapi pembaca setia kisahdibalikhutanbambu. You have a good sense of humour!

suhu said...

#lea:
makasih. Did you laugh? I didn't even try.

konnyaku said...

hu happy belated bday ya xD
dan btw ngecor membuat langsing ya ternyata xD