Friday, September 12, 2008

Seri Edukasi Mandor: Ngecor

Siapa bilang setelah lepas dari kehidupan mahasiswa, hidup sudah tidak menarik lagi? Siapa bilang? Siapapun yang bilang, dia benar! kita coba untuk membuktikan bahwa hidup dunia kerja masih sangat menarik. Dengan perkecualian pekerjaan-pekerjaan researcher tentunya, sampai tua bikin skripsi. Semua pekerjaan di dunia ini, sangat menarik. Kalau kita bisa menarik hikmah dari yang kita alami di lingkungan kita. Setiap pekerjaan punya tantangan tersendiri dan kalau kamu bisa melihatnya dari sisi tersebut, niscaya hidupmu akan lebih berwarna.

Tanpa membuang waktu lagi. Mari kita masuk ke pokok bahasan masalah. Suhu akan berbagi tutorial sekali lagi, seperti pada zaman mahasiswa dulu. Dan postingan ini akan kita beri judul, Seri Edukasi Mandor. Jika ini nantinya difilemkan untuk siaran dokumentasi mahasiswa teknik Sipil, maskotnya akan bernama Barney dan berkostum naga ungu berkostum panda dengan helm konstruksi. Dan jam tayangnya akan menggantikan Bob the Builder.

Ya, adik-adik sekalian. Selamaaaa~~aat PAGI! Pada pagi hari yang indah ini. Aku, Pandor, akan mengajari kalian semua apa yang perlu kalian tahu tentang ngecor.

*anak-anak kecil dengan baju construction worker dan helm-helm kebesaran akan berteriak "Siap, Pandor!" dengan nada riuh rendah*

*Pandor akan berjalan dengan gaya baris-berbaris dengan iringan lagu irama mars ketukan empat per empat sambil bernyanyi dengan nada cacamaricaheihei*

Menara sangat tinggi, apa fondasinya?
Jembatan sangat panjang, gimana bikinnya?
Dinding yang sangat kuat, apa rahasianya?
Begitu banyak tanya, hanya ngecor jawabnya.

Tanah lembek dicor, jadi batal longsor.
Atap rumah dicor, jadi batal bocor.
Marilah mengecor, jangan takut kotor.
Ngecor, ngecor, diawasi mandor.


Kenapa ngecor begitu penting di dunia ini?
Sejauh ilmu pengetahuan berhasil menjangkau hingga detik ini, ngecor adalah satu-satunya proses kimia irreversible yang bersifat konstruktif. Irreversible artinya barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi, saat proses itu terjadi, produknya tidak bisa kembali menjadi bahan pembuatnya melalui proses kimia biasa. Lain halnya dengan lilin, setelah lilin dipanaskan meleleh, setelah mendingin, lilin cair itu akan membeku lagi. Ini namanya reversible. Proses irreversible kebanyakan bersifat destruktif, contohnya, bakar-bakar pertokoan orang Cina. Setelah hangus, apinya mati, toko-toko itu tidak bisa kembali seperti sedia kala. Bisanya malah jadi lebih besar, karena orang Cina sebenarnya kaya, cuma malas renovasi. Jadi, adik-adik, jangan membakar toko orang Cina. Mari kita melakukan aktivitas yang lebih berguna. Ngecor saja.

Bagaimana caranya mengecor? Apa yang kita perlukan untuk memulai?
Empat sehat lima sempurna. Water. Sand. Cement. Aggregate. Pada saat-saat khusus, material kelima perlu dicelupkan ke adonan. Material tersebut bisa berupa retarder [agar betonnya menjadi retarded tidak cepat keras, tremie [agar betonnya menolak air], dan benda-benda kimia lainnya.

Campurkan semua ke dalam adonan kalian, aduk merata. Meskpun pembeli adalah raja, barang yang sudah dibeli raja tidak dapat dikembalikan lagi, barang yang sudah dicor tidak bisa dipisahkan lagi. Ingat, ini proses irreversible.

Bagaimana adik-adik? Semuanya berhasil membuat campuran beton sendiri? Bagus. Mari kita lanjutkan. Ada pertanyaan?

Apakah ngecor di seluruh dunia itu sama?
Di Singapura, beton yang kita pakai untuk pembangunan tidak seperti negara kita, Indonesia. Hanya pasirnya yang sama, karena kita curi dari pulau sebelah. Tapi kalian jangan bilang-bilang. Saat kita tidak bisa mendapatkan riversand dengan cara import, kita memakai quarry dust. Aggregate, yaitu batu-batu yang kita pakai, juga bukan batu kali mulus seperti di tanah Jawa. Mereka punya berlimpah. Kita harus puas dengan batu-batu tajam hasil meledakkan perbukitan di daerah yang tak berpenghuni. Sedangkan air, jangan berharap banyak, yang kamu minum itu pipis kamu sendiri, mana mungkin ngecor pakai air bersih?

Tetapi untuk quality control, Singapura jauh lebih bagus dari Indonesia. semua beton cor datang dari batching plant yang membuat mix dengan hitungan komputer. Berbeda dengan site mix di Indonesia yang kualitasnya tergantung sarapan tukang bangunan hari itu. Delapan puluh persen keberhasilan ngecor adalah kualitas campuran betonnya. Dan di Singapura, proses ini sudah diotomatisasi sehingga mengurangi resiko gagal karena human error [lapar, curi bahan, dan lambat karena lelah]. Untuk mendistribusikan bahan-bahan secara merata, perlu tenaga yang konstan untuk mengaduk adonan ini hingga rasanya pas.

Kalau sudah ada mesin, kenapa ngecor perlu Mandor?
Karena mandor perlu makan dan penghasilan yang perlu ditabung untuk membayar loan OCBC dan modal nikah. Karena ngecor adalah suatu proses yang rumit di mana harus ada seseorang yang overall in charge untuk disalahkan kalau ada yang tidak beres mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, worker hamil, Cold Joint, Spoilt Surface, Segregation, Wrong Mix, Rapid Hardened, dan lain sebagainya.

Bisa jelaskan pakai bahasa yang lebih mudah dimengerti anak-anak? Cold Joint? Spoilt Surface? Wodefak?
Oh, tentu adik-adik. Duduk manis dan Pandor akan menjelaskan satu persatu.

Saat empat sehat lima sempurna tersebut dicampur, akan terjadi suatu reaksi kimia yang bersifat generating heat. Ya, seperti proses reproduksi mamalia, tapi ini bukan. Lalu adonan tersebut akan dicampur merata, dituang ke tempat yang hendak dicor. Adonan beton itu akan menjadi dingin, dan mengeras. Keras. Dalam bahasa latin, concretus. Oleh karena itu, ngecor dalam bahasa Inggris disebut Concreting.

Di Singapura, proses mengecor itu sendiri melibatkan transportasi adonan beton dari batching plant menuju construction site di mana para aktor-aktor India akan menari sambil ngecor. Transportasi itu melibatkan sebuah kendaraan khusus yang bernama Concrete Mixer Lorry, di Indonesia terkenal dengan nama Molen. Molen secara umumnya, berkapasitas enam sampai sembilan meter kubik. Sedangkan sekali ngecor akbar, kita biasanya menggunakan minimal dua ratus meter kubik.


Molen dengan warna mencrang jaya



Secara hitungan matematika biasa, tanpa bermaksud menghina tingkat intelejensia pembaca, kita membutuhkan lebih dari satu molen untuk mengecor.

Misal, kita hendak mengecor sebuah struktur dengan volum duabelas meter kubik. Interval kedatangan molen satu dan molen dua, tidak boleh terlalu lama. Alasannya? Kalau enam meter kubik beton cair pertama sudah mengeras, dan setelah itu enam meter kubik beton cair kedua baru dituang. Yang terbentuk adalah dua bongkah batu enam meter kubik. Padahal kita memerlukan satu bongkah batu dua belas meter kubik.

Jika sopir molen dua datang terlambat, lebih dari dua jam sejak beton cair molen satu dituang, maka hampir pasti. Akan terjadi crack line saat proses mengecor selesai. Crack line ini sudah bisa ditebak letaknya. Terletak di akhir adonan molen satu dan di awal adonan molen dua. Retakan pada beton ini sangat mempengaruhi kekuatan struktur. Karena adonan molen satu sudah keburu dingin sebelum adonan molen dua dituang. Maka kasus ini dikenal dengan nama Cold Joint.


Cold Joint adalah musuh besar Panda Panda Mandor.



Bagaimana cara menghindari Cold Joint?
Kalau kamu Mandor yang baik, saat kamu melihat tanda-tanda molen dua tidak muncul dalam waktu kritis, kamu harus mulai menelepon batching plan seperti orang kesurupan. Gunakan segala cara untuk mendapatkan molen itu. Kalau boleh meminjam kata-kata dari blog Margie, to get the news, I’ll do everything. I smile, I threathen, I plead, I joke, I flirt. Bedanya, to get the molen, you don't usually flirt. Sopir-sopir molen itu biasanya not in the mood to flirt with you.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Cold Joint terjadi?
Siapkan surat pengunduran diri sebelum dipecat. Selalu ada cara menyelesaikan masalah. Saat Mandor mendapat ilham dari Tuhan bahwa molen dua tidak akan datang tepat waktu. Mandor harus membuat keputusan cepat. Letak di mana calon bakal retak, harus ditusuk dengan batang baja banyak-banyak, sebelum beton cair dari molen satu membeku. Hal ini dimaksudkan agar saat beton dari molen satu mengeras, ada batangan-batangan baja yang siap untuk mengikat beton dari molen dua yang datang terlambat.

Tidak paham?
Tak mengapa, nggak apa. Kalau semua orang paham, dunia akan penuh dengan mandor-mandor pengangguran dan mandor yang ini susah naik gajinya.

*Pandor memutar video cuplikan Mandor yang memerintah workernya untuk mengatasi masalah cold joint diiringi lagu zaman perang.*

Ya adik-adik sekalian, sampai di sini perjumpaan kita dengan Pandor si Panda Mandor. Jumpa lagi di lain waktu dalam acara yang sama. SERIIII EDU KASI MANDOORRR.

*Pandor melambai-lambaikan tangan ke kamera.*

*anak-anak kecil dengan baju construction worker dan helm-helm kebesaran akan berteriak "Siap, Pandor!" dengan nada riuh rendah*

Kamera menjauh dari studio tempat syuting Pandor dan anak-anak. Menunjukkan aktivitas staff logistik dan dekorasi. Maskot membuka kostum Panda dan bersalaman dengan crew studio. Semua ini ditayangkan sebagai background tulisan berjalan bertuliskan Pengarah Acara, Penanggung Jawab, Pengisi Suara, dst.

Pandor,
kostumnya gerah.

8 comments:

PHY said...

kurang foto PANDORnya!!!! :)

pertamax :D

Fanny said...

Halo Pak Pandor XD.

*ngakak bacanya*

dina.. said...

kok kayak spongebob hu

'aye aye captain!'

suhu said...

#phy:
panda-panda sangat pemalu.

#fanny:
halo juga adik adik!

#dina:
bob gabus katok kotak kotak.

Anonymous said...

Wanna Get HIGH? Running out of Supply? Then Check Out My Shit!
>>>>> http://bestlegalhighsdrugs.info <<<<
If you have questions, you can email my boy at online.mentor [at] gmail.com


[size=1] IGNORE THIS----------------------------
Blueberry Bud java red weigela [url=http://bestlegalhighsdrugs.info] herbal high [/url] amaniita umscaria amanita muscaria mushrooms [url=http://buybudshoplegalherbs.info] legal herbs[/url] Selling Meth salvis divinotum [url=HTTP://BUYINGMARIJUANASALE.INFO] Marijuana Sale [/url] marijuana dcstasy pill [url=HTTP://BUYLEGALBUDSCOMREVIEWS.INFO] buy legalbuds [/url] wild mushrooms national honor society emblem [url=HTTP://CANNABISHIGH-PILLSHIGH.INFO] High Quality Cannabis[/url] psilocybe mushroom spore ssalvia ivinorum [url=HTTP://HOWTOBUYWEED-BUYINGWEED.INFO] purchasing marijuana[/url] buy salvia aamanita myscaria [url=http://legalbud.drugreviews.info] legal bud [/url]

Mood Pills free salvia seeds [url=http://legalweed.lamodalatina.com] legal weed [/url] blue lotus extract kratom 15x extract dosage [url=http://buysalvia.lamodalatina.com] get salvia leaves[/url] droghe Van Goghs Blend

salvia divinorum legal What Is Saliva Composed Of [url=http://legalweed.lamodalatina.com] legal weeds [/url] cstasy pillls ssalvia dviinorum [url=http://buysalviacheap.com] get salvia plants[/url] homemade meth recipes buf alvsrius
[url=http://guaranteedheightincrease.info/]height increase[/url] - http://guaranteedheightincrease.info/
height increase - http://guaranteedheightincrease.info
[url=http://provenpenisenlargement.info/]proven penis lengthening[/url] - http://provenpenisenlargement.info/
proven penis growth - http://provenpenisenlargement.info/
[url=http://provenskincareadvice.info/]skin care advice[/url] - http://provenskincareadvice.info/
skin care techniques - http://provenskincareadvice.info/
[url=http://getrichgambling.info/]get rich gambling[/url] - http://getrichgambling.info/
get riches gambling - http://getrichgambling.info/
[url=http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/]herpes outbreak[/url] - http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/
herpes outbreaks - http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/
[url=http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO]cure premature ejaculation[/url] - http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO
stop premature ejaculation - http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO
[url=http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO]3g mobile cellphones for sale[/url] - http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO
used mobile cell phone on sale - http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO
[url=http://internationaloddities.reviewsdiscountsonline.com] internationaloddities[/url]
internationaloddities review
[url=http://drobuds.reviewsdiscountsonline.com]dro bud review [/url]
reviews of dro buds
[url=http://bestacnetreatmentreviews.info] best acne treatment review[/url] http://bestacnetreatmentreviews.info
best acne treatment reviews http://bestacnetreatmentreviews.info
[url=HTTP://LEARN-HYPNOSIS-ONLINE.INFO]learn hypnotism online[/url]
learn hypnotism online

Anonymous said...

looking representing ed drugs? [url=http://www.cahv.org]buy viagra online [/url]and profit from sprung shipping at http://www.cahv.org . another good place to [url=http://www.kiosknews.org]buy viagra online[/url] is www.kiosknews.org .

Anonymous said...

Howdy,
We are representing Hair Loss news. We manage a lot of websites, and we found your website trought the net. We are pondering if you need to exchange links with us. Actualy we are searching for links to our websites, if you're interested please visit our site, on the right menu you may find the catalog link, there you can submit your website and exchange links with us...
Our web pages are superb ranked, and they're going to be better in the subsequent days...
Thank you, and I am sorry if i put the data in a wrong place, that because I could not find the contact link..
Best regards
Keepingmyhair Staff.
[url=http://www.keepingmyhair.com/hair-cloning-a-resume]Hair loss news[/url]

Anonymous said...

hi everybody


just registered and put on my todo list


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.