Sunday, October 07, 2007

Industry that Never Sleeps

Masih saja ada orang yang tidak percaya bahwa ada orang yang bekerja di hari Sabtu. Beneran. Bukan karena orang ini tidak berpendidikan. Tapi jelas semata-mata kurang berwawasan. Tentunya pembaca blog ini jelas thau bahwa Mandor, adalah suatu mata pencaharian halal yang masih bekerja dengan giat pada hari Sabtu. Ya, full day. Bukan lima setengah hari per minggu. Enam. Dengan kerja penuh hari di hari Sabtu.

Dan bukan karena PT Bangun Subangkit berusaha mengeksploitasi karyawannya. Tapi jelas-jelas karena karyawannya rajin belajar giat bekerja dan taat peraturan lalu lintas memang semua perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi melakukan praktisi hal ini. Enam hari kerja.

Beberapa minggu lalu, ada kegiatan kumpul-kumpul anak Indonesia yang kuliah di NTU [Ninja Turtles University]. Sebagai alumni sindikat kejahatan berkedok institusi pendidikan bernama NTU ini, Suhu diundang oleh salah seorang kawan untuk berpartisi sapi berpartisipasi dalam acara ini. Entah apa pun acara nya, waktu teman tersebut mengatakan waktu dan tempat, Suhu langsung menolak.

Sabtu, Hu.
Gak bisa, sibuk.
Walah, iya kalau hari kerja, Sabtu lho, Hu.
Sabtu itu hari kerja.
Hahaha ngapusi, mana ada orang Sabtu-sabtu kerja?

Merasa bahwa tingkat intelejensia lawan bicara kurang sepadan, Mandor memutuskan untuk tidak melanjutkan korespondensi maya tersebut. Lain lagi cerita lain, bertemu dua orang kawan di stasiun kereta. Mereka memanggil.

Lho, ke mana, Hu?
Bukitpanjang.
Gak ikutan ke T-spray?
Oh gak bisa, kerja hari ini.
Hahahaha... kerja ya? Kerja bakti?
Oh, perusahaanku six days week.
Koq mau sih?

Menghadapi pertanyaan-pertanyaan jenis ini yang agak memusingkan. Karena saya mau pekerjaan itu, dan pekerjaan itu di mana-mana hari Sabtu masuk penuh hari. Koq mau sih? Ya mungkin lanjutannya akan jadi sebuah artikel betapa bagusnya jalan hidup seorang Entrepreneur. Koq mau jadi mandor?

Yang lebih makjleb lagi saat seorang teman mengajak ke gereja.

Yo, besok minggu nggrejo yok, Hu.
Wah gak bisa e, aku kerja.
Kamu gak mau ke gereja bikin alesan koq kebangeten toh, ketara bo'ong nya.

Kadang aku merasa lelah. Kenapa orang-orang di sekitarku tidak sensitif dengan keadaan sekitar. Sudah jelas tiap jalan-jalan, lewat stasiun kereta, pergi melewati tempat publik, setiap hari, bahkan public holiday, selalu ada kegiatan konstruksi. Dan ada kegiatan berarti ada pekerja, ada pekerja berarti ada mandor. Kami membangun dunia, kami tidak punya waktu untuk istirahat.

We're in the industry that never sleeps.

Suhu,
hari Minggu kerja.

8 comments:

Reza de Bhro said...

We're student that always study.

Bhro,
Jum'at dini hari, Sabtu dini hari belajar

Fanny said...

we're students that always do assignments..haha..

*siang malam bikin lab*

larissa said...

suhu suhu suhu!
*bawa banner*

andreaslee said...

slow and painful death wants to see you in his office

suhu said...

#bhro:
begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang sih boleh saja, kalau ada dota.

*ndangdutan*

#fanny:
sama dong fan, suhu juga lagi mbangun/bikin lab

#larissa:
*menembaki para demonstran dengan peluru karet*

#andreaslee:
he's fuckin' dead.

spider_alf said...

suatu hari mandor, auditor, banker, dan researcher berkumpul.... main capsa...


ga nyambung ya?

hm.. cm mau blg nama nya jg kita semua msh cari makan, cari duit buat hidup, yg penting halal n kita senang =) yg ga mengerti itu krn blm kerja, hu.

==Auditor==
kok mau seh, kerja sampe tengah mlm? pulang subuh?

==banker==
kok mau seh, kerja di saat org2 udah mau bobo? (london hour, untung nya blm pernah, cm sekali merasakan new york time yg telat12 jam)

==researcher==
kok mau seh, kerja kyk ga da kerjaan gitu? (ga tau apa, researcher itu kerjanya 24 jam non-stop, mikir.. **jd ingat masa2 fyp, ga bs tdr, lgsg dota, setelah dota, cape, tdr, mimpi dapat ilham**)

INdah.pUspita said...

we are student :

work (study) when people sleep.. and sleep when people work.. hohohoho :D

suhu said...

#spider_alf:

ironisnya, percakapan di atas semuanya, adalah korespondensi dengan sesama alumni yang notabene sudah bekerja. painful? fact hurts.

#indah:
gak semua ah, ndah. I sleep when people work, and sleep when u study. [lha? ngeri ... kayak orang mati dong]