Wednesday, June 06, 2007

Part of Everyone's Life

Update:
Post sebelum ini diupdate dengan foto Kobe2 in action.


Dunia memang senantiasa berubah. Manusia merubahnya untuk masa depan yang lebih baik. Apakah yang lebih baik bagimu, sama dengan yang diharapkan orang lain? Itu adalah hal yang kita tidak tahu dan tidak akan pernah tahu.

Proyek Bedok adalah sebuah Main Upgrading Project. Sebuah perumahan, atau di Singapore lebih dikenal sebagai HDB [Hunian Denah Bujursangkar]. Bukan pembangunan, melainkan pembaharuan. Singkat kata singkat cerita, perumahan ini dibangun sekitar 15 tahun lalu, dengan pengetahuan yang ada saat itu, dengan standard yang seadanya saat itu, dan dengan tingkat kepuasan penduduk yang masih rendah.

Sekarang penduduk mengalami gaya hidup yang lebih baik, nasib yang lebih baik, perolehan nafkah yang lumayan, dan merasa superior dan mulai melakukan suatu aksi yang sudah menjadi mentalitas warga negara setempat. Complain.

Lalu dari complain tersebut, setelah voting 75% dari penduduk setempat setuju tempat ini direnovasi, pemerintah akan membuka tender bagi para insinyur-insinyur jagoan untuk make their life better.

Kali ini Suhu dicemplungke ke dalam wadah pembaharuan perumahan, dan karena Suhu sudah terkenal menjadi murid Wa'pro [bukan orang medan], Suhu diberi kuasa sepetak tempat di masing-masing rumah yang benar-benar membutuhkan keahlian seorang waterproofing engineer.

Tepat saudara-saudara.

Sarjana muda kita akan merenovasi toilet semua unit yang ada di 25 lantai gedung ini. Dan gedung sebelah. Dan sebelahnya lagi. Masih kurang menantang? Kami akan merombak toilet yang dibangun 15 tahun lalu menjadi landasan helikopter dan hangar underground toilet baru sesuai permintaan customer, terserah toilet jongkok, duduk, atau pun berdiri. Customize order! Dapatkan sekarang juga!

Letak tantangan daripada proyek ini terletak daripada prosesnya. Proses renovasi ini diperkirakan memakan waktu 12 hari. Mulai dari menjebol toilet lama, termasuk membongkar tegel, mengganti pipa logam berkarat dengan PVC, mengganti struktur toilet lama ke toilet baru kalau diperlukan [duduk ke jongkok, jongkok ke duduk, dsb.], mengganti pintu untuk pintu yang sudah rusak atau memasang pintu untuk yang belum ada pintunya, memasang tegel kembali dan pusing karena bentuk ruangan tidak siku sembilan puluh derajat karena saat dulu toilet ini dibangun busur derajat belum diciptakan.

Dan yang tersulit adalah, memastikan penghuni rumah tersebut tidak pakai toilet selama 12 hari.

Oh iya, lupa bilang. Proses renovasi ini berlangsung dengan penghuni rumah masih di dalam rumah. Jadi di setiap unit yang ada di gedung 25 lantai. Dan gedung sebelahnya lagi, dan sebelahnya lagi. Tentu banyak kejadian yang tidak disangka.

Sekeluarga sedang menonton TV. Filmnya Tom and Jerry. Kucing abu-abu mengejar seekor tikus berwarna coklat. Lalu Tikus yang bernama Jerry memegang panci penggorengan dan memukul Kucing bernama Tom dari belakang. Lalu dari arah belakang TV terlihat genangan air berwarna familiar dan tercium bau kurang sedap dan terdengar suara seorang sarjana muda mencoba berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan aksen indonesia kental untuk menyampaikan pesan pada bawahannya yang berkewarganegaraan Bangladesh. "Anybody shut the hole, the shit is leaking outside, bloody bastard use the waterproof sealant, what the fuck are you looking at, take the sealant and just pour it on the pipe. NOW!!"


Tidak ada yang bisa menebak apa yang terjadi di unit berikutnya.

Sepasang muda-mudi sedang bercumbu. Bercandatawa, berpelukan di sofa. Gadis itu menggelitik pasangannya penuh cinta. Dan pria muda itu mencium leher gadis itu. Lalu sarjana muda kita datang dan berkata, "Excuse me, I just want to confirm with you arh, so your toilet will use the squating pan?". Gadis itu tersenyum, dan pria itu melempar remote control AC ke kepala sarjana muda mengiyakan pertanyaan tersebut. Dan adegan pembukaan filem porno kembali berlanjut. Okay, Cut! Take seventy-four!


Ada juga yang angker.

Seorang pria tua duduk di rotan. Rambutnya putih memudar dimakan usia. Tertegun diam. Nampaknya tertidur setelah membaca koran pagi ini. Sarjana muda masuk tanpa suara, dan melakukan tugasnya dengan suara sekecil mungkin. Setelah memerintahkan para pekerjanya untuk membongkar toilet tanpa bersuara, sarjana muda pergi. Dua jam kemudian, untuk mengecek apakah pembongkaran sudah selesai, sarjana muda masih melihat pria tua itu duduk di posisi yang sama. Tertidur cukup lama. Dua hari kemudian, saat mau menge-test kekuatan waterproofing material. Pria tua itu koq posisinya tidak berubah?


Begitu banyak orang yang ditemui. Banyak karakter. Ada ibu-ibu yang menawari permen ke sarjana muda. Ada nenek-nenek yang ngajak ngobrol karena kayaknya kesepian di rumah sendirian. Ada mbak-mbak Indonesia yang ternyata dari Jawa dan sudah bekerja di sini dua belas tahun [itu mah udah jadi mbok-mbok]. Ada anak kecil yang berteriak dari balik pintu "Nobody's home! Go! Go or I call police!".

Suhu,
Civil engineer, part of everyone's life.

Posting ini ditulis tanggal 28 Juni 2007 dikarenakan keterbatasan waktu yang tersisa setelah 24 jam sehari dipotong waktu 12 jam kerja dan 4 jam di jalan 8 jam tidur.

3 comments:

stella said...

i cant wait to write about my working life :p

stella said...

googleku tampilan bahasa indonesia, lucu..

"stella berkata...
i cant wait to write about my working life :p "

berkata... hmm..

suhu said...

#stella:

i can't wait to read.