Monday, June 04, 2007

Glodakphobia!

Masih ingat posting lalu Suhu menyebut tentang Bangla101? Waterproofing Engineer? Orang ini adalah salah satu colleague Suhu di Justice Force, kekuatannya adalah mengontrol air. Proyeknya yang terbesar yang tertulis di resume dia adalah membantu Nabi Musa membelah Laut Merah. Waktu itu klien memang berada di posisi terjepit karena desakan Firaun, maka Waterproofing Engineer kami memutuskan menyumbangkan expertise nya untuk menyelamatkan mereka.

Waterproofing Engineer adalah seseorang yang ahli dalam mengenali sifat-sifat fluid liquid, bukan hanya air [water], jadi mestinya Liquidproofing yang bener namanya. Karena namanya susah diingat [Suhu yakin kamu juga akan kesulitan mengingat nama ibumu sendiri setelah berkenalan dengan 103 Bangla]. Maka kita sebut namanya Wa'pro, Waterproofing Engineer. Biar kayak hero-hero DotA gitu namanya.

Wa'pro menjelaskan banyak hal padaku, mulai dari yang mudah sampai yang sulit. Mudah misalnya, air berubah bentuk mengikuti wadahnya. Yang sulit misalnya, reverse osmosis di mana kekentalan liquid mempengaruhi kekuatan air menembus membran BERLAWANAN DENGAN beda tekanan untuk liquid liquid tertentu. Waterproofing Engineer adalah orang-orang yang sangat dijunjung tinggi karena keahliannya, terutama di pabrik kondom bidang konstruksi.

Bangunan itu tidak lepas dari kutukan alam yang bernama hujan. Dan rembesan atap bocor itu bisa membentuk banyak permasalahan yang bikin sakit kepala. Apalagi di HDB/flat/apartemen yang merupakan residensial umum di Singapura. Kalau toilet lantai 25 tidak waterproof, kamar tidur lantai 24 bisa jadi septitank. Maka di sini peran waterproofing dimainkan, untuk kenyamanan penduduk.

Tapi waterproofing toilet adalah salah satu yang straightforward menurut Wa'pro. Dalam artian, tidak perlu ditakutkan, karena semua bisa diramalkan. Singapura memakai standar durasi seisi rumah mandi bergantian. Maka setelah prosedur waterproofing dilakukan, air dikucurkan selama empat jam nonstop di lantai toilet. Lalu di cek dari lantai bawahnya apa ada tanda-tanda rembesan air. Jika tidak ada maka waterproofing berhasil. Jika ada rembesan, Wa'pro dipecat. Simple.

Tapi karena Suhu adalah seorang engineer yang diharapkan mampu menahan beban lebih berat dari sekedar orang dengan pendidikan biasa, maka Suhu akan dididik oleh Wa'pro untuk waterproofing Rooftop. Itu sebabnya tadi Suhu bilang Waterproofing Engineer adalah orang-orang yang sangat dijunjung tinggi. Karena mereka bekerja di atap. Dijunjung tinggi sekali.


Siang hari itu, Wa'pro mengajak Suhu naik ke atap HDB 14 lantai, dan naik ke atap lantai ke 14 melalui catladder lantai 13. Lebih dekat ke matahari ternyata lebih panas. Dan mengajari teknik waterproofing. Berbagai macam cara bisa dilakukan, tujuannya hanya satu. Mulai dari yang pakai sayap, yang pakai pelindung samping, ekstra lentur, yang penting biar cairannya tidak mudah tembus. Dan itu sebabnya tujuh dari sepuluh wanita Indonesia memakai waterproofing engineer.

Wa'pro mengajak Suhu berjalan ke tepi atap. Lalu Suhu melihat ke tepi HDB. Lalu melihat ke bawah. Lalu memeluk Wa'pro erat-erat. Lalu mengambil jarak dari tepi atap.

Eh, kamu koq ke tengah, sini sini.
Enggak deh, di sini enak.
Kamu koq pucat?
Nggak ah, emang muka cina.
Lutut kamu gemetaran.
Oh iya, anginnya kenceng. Dingin.
Gigi juga gemeletuk pas ngomong.
Kan dingin?
Kamu takut ketinggian ya?


Ketinggian sih Suhu nggak takut. Sekali lagi saya tekankan, Suhu tidak takut ketinggian. Suhu takut jatuh.

Kalau jatuh dari atap HDB itu, mending kremasi deh. Sebelum tutup peti, orang tua juga gak bakal mengenali. Mungkin kalau di forensik, bisa terjadi kejadian seperti ini.

Aku mengenali giginya, ini gingsulnya.
Tapi ini serpihan tulang selangkangan.


Setelah menjalani Tutorial How to Waterproof, kalau toilet bocor bisa manggil Suhu. Kalau darurat, sementara menunggu bisa memakai barang kebutuhan sehari-hari agar tidak terjadi kebanjiran di kamar mandi. Barang-barang penahan air seperti kondom tas kresek atau bahan-bahan yang mudah menyerap seperti pembalut wanita handuk sangat dianjurkan untuk keadaan darurat sampai Waterproof Engineer datang menyelamatkan anda.

Suhu,
Wa'pro adalah singkatan dari waterproof dan sama sekali tidak ada sangkut paut nya dengan orang medan yang sombong.

Posting ini ditulis tanggal 12 Juni 2007 dikarenakan keterbatasan waktu yang tersisa setelah 24 jam sehari dipotong waktu 10 jam kerja dan 4 jam di jalan 8 jam tidur dan 2 jam berfantasi di kamar mandi.

2 comments:

Dina said...

pertama!
yay...suhu hobi ngepost lagi >.<
kehilangan nie kmaren2.. huhu

btw, saya bukan takut jatuh
saa takut ketinggian :P

konnyaku said...

tinggi ga tinggi
saya sering banget jatuh :S