Tuesday, May 08, 2007

Tips Presentasi FYP

Setelah mengedukasi pembaca mengenai apa-itu-FYP. Panda Tambun tidak berhenti sampai di sana, tapi terus berkarya. Tips menulis FYP report beserta cara mengumpulkan sudah diberikan. Tentu tidak lengkap tanpa tips presentasi FYP.

Seperti yang telah kita ketahui, tiada gading yang tak retak. Tiada skripsi tanpa sidang. Demikian pula efwaipi di Ninja Turtles University. Tidak cukup siksaan raga dari malam yang panjang tanpa mata terpejam, masih saja kita harus menerima siksaan batin disetrap setengah jam di depan kelas. Untuk presentasi hasil siksaan raga kita tadi itu, report. Tapi memang setelah mengerjakan report, hati biasanya terasa sedikit lebih lega, dan presentasi ini tidak menegangkan seperti deadline report submission. Karena sudah mengalami siksaan report deadline terlebih dahulu. Bagaikan bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang belum tentu.

Tapi, di sini Panda Tambun akan menekankan. Presentasi FYP itu penting.

Sekali lagi. PENTING.

Tidak ada gunanya kamu bisa membuat thesis yang bisa memenangkan nobel prais tapi kalau saat kamu memperagakan penemuanmu kamu bugil tak berbaju cengengesan dan tidak meyakinkan, apalagi ngomongnya salah melulu. Karena mungkin ilmuwan sudah terlalu malas membaca report, jadi presentasi mu adalah jendela informasi wanita pengetahuan yang membuat orang tahu isi dalam otakmu.

Nervous? Bagus.

Kalau nervous itu tandanya kamu ingin melakukan yang terbaik. Itu wajar.

Biar tidak nervous, berikut Panda Tambun akan menge-share felem-felem porno di \\gudangdosa tips-tips presentasi efwaipi. Karena tips ini bukan Panda Tambun yang menciptakan, melainkan mendapat masukan dari teman-teman, maka sudah selayaknya Panda Tambun menulis acknowledgement di halaman awal dan mencantumkan nama mereka di Reference halaman belakang memberi nama gaya presentasi berdasarkan tips mereka.

Oke, apa yang kita punya? Setengah jam slot presentasi. Waktu presentasi 15 menit, dan waktu Q&A [tanya jawab] 15 menit. Waktu yang singkat untuk merangkum hasil kerja setahun.

Berikut tips dari teman-teman Panda Tambun. Kita mulai dengan yang konvensional.

Bejo, si anak Tuhan.
Berdoa sebelum presentasi, minta dukungan Tuhan. Pasti kamu diberi kekuatan.

Arianto, si dota godlike.
Puasa dota sebelum presentasi. Hu emoh hu. Emoh. Wes wes. Ga melok. OK! Sekali ae yo.

Alfonso, sang psikopat.
Kita tikam saja dosennya.
Aku tulis judul-judulnya saja di slide power point nya. Jadi kalau nanti aku ngomong terlalu cepat atau terlalu lambat aku adjust sendiri. Toh gak ada yang tahu apa yang mau kuomongin.

Septian Hartono, jenius gendut.
Datang tepat waktu. Persiapan laptop 5 menit. Presentasi 15 menit. Tanya jawab 5 menit. Berikan waktu 5 menit sisanya untuk persiapan murid berikutnya.

Andreas Lee, veteran perang.
Aku bakal datang 15 menit terlambat, lalu berteriak sambil terengah-engah, "Aku kira kalian di ruangan yang sana!". Presentasi 15 menit, lalu waktu habis. Tidak ada tanya jawab.

Panda Tambun,
mencari gaya presentasi tersendiri.

NB: Skip sidang skripsi sounds cool, btw.

2 comments:

Gita Arimanda said...

wah andreas lee memang cerdas!!! jagoan nih :)

suhu said...

#gita: sudah cerdas, keren, single pula. nunggu apa lagi, git?