Thursday, May 24, 2007

Rentetan Interview [Finale]

Berawal dengan petualangan I Sense Danger sequel di PT. OMFG, Suhu mulai serius mencari kerja. Mengirim ribuan lamaran kerja, daftar ratusan recruitment talk, menunggu puluhan hari, hingga akhirnya dipanggil untuk beberapa interview.

Interview DLLAJR babak satu.
Luar biasa. Interview yang menakutkan, membuat Suhu sadar bahwa banyak yang perlu dipelajari untuk bisa menanggulangi interview. Interview ini merupakan interview yang benar-benar interview. Ruangan yang dingin bikin otot kram, penanya yang kejam, pengamat yang tajam, nasib yang runyam. Semula Suhu mengira interview ini akan berakhir dengan kegagalan, tapi panggilan interview baabk dua datang juga.

Interview PT. Konstruksi Suci.
Singkat, padat dan jelas. Interviewer mengatakan aku tidak perlu menjawab pertanyaan apa pun karena prioritas utamaku bukan ada di DLLAJR, dan interviewer memintaku untuk datang lagi kalau interview DLLAJR berakhir buruk. Pada saat itu, aku belum tahu interview DLLAJR berakhir baik, bahkan aku belum pergi ke interview DLLAJR. Yang jelas, perusahaan ini menawarkan gaji yang cukup, pekerjaan yang aku suka, dan masa depan yang kurang cerah.

Interview PT. Jaya.
Perusahaan dengan gaji tinggi, pekerjaan berat, masa depan cerah, dan exposure ke dunia civil engineering. Satu yang membuatku enggan menerimanya adalah aku tidak suka pekerjaannya. Setelah menimbang-nimbang untung rugi masing-masing pekerjaan, bahkan sampai bertanya pada para pembaca blogger, aku menolak offer dari perusahaan ini. Tapi setelah satu dan lain hal, aku semakin mensyukuri aku menolak perusahaan ini.

Interview PT. Baik-Baik.
Sebuah interview di mana big boss langsung mewawancarai aku, dia tidak peduli dengan degree audit. Yang dia inginkan adalah dedikasi seorang engineer, dan nampaknya hanya itu yang bisa aku berikan. Natur pekerjaan nya sama dengan yang ada di Konstruksi Suci, hanya, nampaknya perusahaan ini lebih menghargai apa yang diinginkan karyawan ketimbang apa yang dibutuhkan perusahaan. Karena boss besar percaya akan perkataan dalam jiwa yang sehat, terdapat raga yang kuat jika karyawan senang, karyawan bisa contribute lebih baik pada perusahaan.

Interview DLLAJR babak dua.
Adalah interview terakhir dari banyak interview yang telah dilalui. Hasilnya memuaskan, Jane menelpon Suhu untuk yang terakhir kalinya untuk memberi tahu berapa first salary dan date of reporting. Terakhir kali Suhu mendengar suara Jane, adalah ketika Suhu meneleponnya untuk meminta maaf. "This relationship won't work, I've already got a girlfriend job." Employer-worker relationship maksudnya.

Thanks buat pembaca yang sudah mengikuti kisah Rentetan Interview, especially buat yang sudah ngasih usul tentang jalan hidup yang aku tempuh.

Suhu,
karyawan PT Baik-baik terhitung tanggal 1 Juni 2007.

7 comments:

yosafat said...

pertama....

selamat ya

Fanny said...

Yes!!!

Ternyata aku bener ya Hu. Kamu emang pilih PT.Baik-Baik. Hehe.

:P

tapi disana ttp boleh nge blog kan? Huhu.

Congrats!

Herry -- HgS said...

Congratz buat Suhu. Wew ceritanya seru...

Tetap ngeblog di tempat kerja. hehehe... :p

konnyaku said...

selamat hu :)

Reza de Bhro said...

Selamat Hu, tapi satu hal terlintas dipikiranku begitu baca
Suhu,
karyawan PT Baik-baik terhitung tanggal 1 Juni 2007.


Tamatkah disini riwayat server 12.101?

Btw, denger ceritamu jujur aja aku ngerasa tambah yakin aja bahwa degree audit bukanlah penentu segalanya....
Sampah lah kalo cuma menilai seseorang cuma dari huruf2 yang tertera di sebuah kertas. Apalagi langsung pasang muka sinis dan ngejudge ga bakal bisa kerja dengan bener. Hahahaha....
Moga2 ane bisa ikut jejakmu Hu, bisa sampe nolak 4 kerjaan. Hebad!!!

suhu said...

#yosafat:
tq yah =)

#fanny:
kayaknya gak ada internet, fan. Waktu aku magang aja site office ga nangkep sinyal hape.

#herry:
hehehe nggak boleh her, dibayar buat ngitung, bukan buat ngeblog.

#konnyaku:
makasih la.

#bhro
mungkin. siapa yang tahu.

Tetap akan ada orang yang menilai kapasitas kita dari selembar kertas. Tapi, orang seperti itu, mungkin tidak layak jadi boss kita.

Orang yang bisa menghargai kamu dan melihat kelebihanmu, dan mendayagunakannya, itu baru boss ideal.

NaDia RaiSyA said...

Congrats jg buat Suhu!!

Akhirnyaaaaaaaaaa... Slesai jg laporan interview-nya.. *dh gak pnasaran lg*

Biar udh kerja, tetep nge-bLog yaa v(^.^)v