Wednesday, May 30, 2007

Berubah !!!!!

Untuk kalian yang hidup di zaman saya, pasti tahu yang namanya Ksatria Baja Hitam. Berbagai macam jenis KBH, mulai dari KBH biasa, RX Robo, sampai RX Bio. Untuk beraksi dalam wujud ini, Kotaro Minami perlu berteriak "BERUBAH!!!!" sambil melakukan beberapa gerakan SKJ [Senam Kesegaran Jasmani, bukan Senam Kehamilan Janda]. Mulai dari mengangkat tangan membentuk huruf U dengan kedua lengan, membuat gerakan 270 drajad memutar, lalu gerakan horizontal ke arah berlawanan, lalu keluar sinar-sinar dan dia berubah menjadi stuntman yang jago silat Ksatria Baja Hitam yang siap membela kebenaran.

Begitu pula dengan kami. Mahasiswa Indonesia di Ninja Turtles University [MINTU]. Pada fase tertentu, saat dibutuhkan kami harus berubah. Sayangnya, proses perubahan ini tidak semudah proses Kotaro Minami menjadi KBH. Kami harus melakukan perubahan ini step by step dan memakan waktu cukup lama. Untuk mahasiswa Indo NTU yang baru lulus, berikut adalah step-step BERUBAH menjadi Singapore Permanent Resident.

1. Cari kerja.
Ini adalah langkah yang penting. Karena tujuan dapat PR adalah untuk dapat izin kerja di sini.

2. Secure a job.
Setelah seal a deal dengan sebuah company, kemungkinan besar bakal company itu yang bingung memaksa kamu agar dapat PR. Tapi kalau tidak, itu kewajibanmu untuk convert kalau kamu mau dapat jatah CPF. CPF itu ... uang lebih. Rumit, aku sendiri nggak ngerti. Dan gak minat untuk mengerti.

3. Bingung.
Meski kedengarannya mudah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa apply PR. Dan yang paling utama adalah dokumen-dokumen yang terlibat di antaranya. Tapi jangan khawatir, di tips kali ini ada deskripsi lengkap step-step yang diperlukan.

4. Akte lahir bahasa Inggris.
Buat kamu yang punya akte lahir bahasa Inggris, step ini sangat mudah. Sayang sekali, kebanyakan dari kita mahasiswa Indonesia, Pak RT setempat kurang mahir berbahasa inggris saat kita muncul di dunia ini. Satu-satu nya jalan untuk mendapat akte lahir bahasa Inggris adalah bunuh diri dan berharap dilahirkan kembali di Inggris membuat official translation di Supreme Court. Letaknya di daerah City Hall, keluar MRT Station jalan kaki 5 menit ke arah Funan, lalu naik lantai 3M, bayar 16$. Dalam tiga hari kerja, insyaAllah semuanya beres dan kamu sudah jadi warga negara inggris punya official translation.

5. Certification letter.
Karena kamu belum lulus, iya, lha result aja masih 8 juni. Certification letter ini menyatakan kalau semua berjalan lancar, dan tidak ada faktor-faktor yang dikehendaki, kamu akan lulus dari Ninja Turtles University dalam waktu dekat. Bisa didapat gratis dari Office of Academic Services, dan butuh waktu 3 hari kerja juga.

6. Fotokopi macam-macam.
Paspor, student pass, foto 4x6, dst. List nya bisa didapat di PR Invitation letter yang bisa diambil di International Relationship Office.

7. Apply PR.
Apply ke ICA.

Beres.

Sampai saat ini Suhu masih ada di step 5, dan menunggu translation dan certification letter.

Suhu,
BERUBAH!!!!

2 comments:

konnyaku said...

kamu ga jd terjemahin sendiri hu? trus tinggal dilegalisir aja :p

suhu said...

#konnyaku:
gak bisa, inggrisku pas pas an.