Saturday, April 14, 2007

Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah dua kata yang terpisah.

Gabung, hu! Tanggungjawab gabung!

Entah.

Nilai Bahasa Indonesia Panda Tambun dulu kurang sempurna. mosok? Tidak sempurna. Oya? Oke. Jauh dari sempurna. Hahaha ngaku juga.

Dalam bahasa inggris, tanggung jawab adalah 'responsible'.

Responsibility.

Iyo wes karepmu. Itu pertanggungjawaban.

Bertanggung jawab itu banyak caranya. Dan tentunya banyak sekali situasi yang memerlukan tanggung jawab. Contohnya.

Di sekolah
Siapa yang memecahkan kaca jendela kelas? Ayo mengaku!
Saya, bu gulu. Perlu diingat bahwa 'tanggungjawab' terletak persis di tengah-tengah 'pemberani' dan 'bego'.

Di apotik Pak Mahfud Mahmud.
aku ... telat tiga bulan
aku akan bertanggung jawab. Juga terletak di antara 'jantan' dan 'kebohongan'.

Di rumah
Siapa yang memecahkan kaca jendela rumah? Ayo ngaku!
Saya mah! Kadang lebih cenderung ke arah 'bego' daripada 'pemberani'.


Hidup di asrama Ninja Turtles University, juga perlu tanggung jawab. Tapi patut disayangkan, di institusi pendidikan kelas wahid seperti ini, otak-otak cendekia kurang suplemen rasa tanggung jawab. Mungkin terlalu banyak belajar fisika kuantum, mereka pun lali bahwa hidup ini bukan sekedar akademi.

Mesin cuci. Cucian basah dibiarkan di laundry. Apa ini sikap tanggung jawab? Dan kadang ini bukan tanggung jawab orang yang punya baju. Tapi orang berikutnya, yang tidak sabar menunggu mesin cuci, baju masih belum selesai dicuci, dikeluarkan dan diletakkan di ember.

Pantry. Sebelum makan, berdoa. Sehabis makan, cuci piring. Tapi rupanya ibu guru lupa mengajarkan, sehabis masak, bersihkan pantry. Sering terlihat sampah-sampah berserakan di dapur umum asrama. Hal-hal seperti ini bisa membuat orang-orang seperti Arianto mengeluarkan sifat iblis yang lama terkurung.

Dan hari ini, aku dikuliahi tentang tanggung jawab.

Siang hari yang cerah, aku keluar ke water cooler untuk pipis dan meracuni tetangga mengisi botol minum. Melewati TV lounge, aku melihat sebentar acara apa di televisi. Kebetulan tv lagi nyala. Lalu aku berlalu. Sejenak kemudian, botol minum sudah terisi penuh. Kembali ke kamar, masih melewati TV Lounge dengan tv yang menyala, tapi tak kuhiraukan.

Lalu seorang wanita menghampiriku.

Aunty yang biasanya bersih-bersih.

Dian shi ni bu kan yao guan sia lai!
Ha?
Kan wan liao ya xi diao la!
He?
Ha? He? Ha? He? Bu yao ha he ha he wo. Wo kau su ni pa dian shi guan sia lai.
Siao char bor.


Bukan Panda Tambun tidak mengerti apa yang diucapkan aunty itu. Jelas orang yang sudah lulus LC mengerti kalau aunty itu lagi marah karena televisi tidak dimatikan. Dan dengan nada menuduh, Panda Tambun dinyatakan telah melakukan pemborosan fasilitas asrama.

Panda Tambun melontarkan jawaban spontan 'Jancok' tanpa basa-basi.

kan ni na beh chao chee bye kuan ni simi taiji? kong simi lanjiao?

"I'm sorry, I speak no chinese."

Panda Tambun,
lepas tanggung jawab.

4 comments:

fika said...

Ih, panda tambun tidak bertanggung jawaaaab =P Kocak, Hu... =D

Reza d'Bhro said...

Aku telat tiga bulan

Panda tambun menjawab: Sama dong, aku udah 4.5 bulan nih....

l_na said...

tanggungjawab : responsibility, Hu. Karena noun.
klo responsible : bertanggungjawab. karena apa anak2? yak benar, karena adjective...

=p =p =p =p

suhu said...

#fika: mending mana, panda tidak bertanggung jawab, atau manusia yang ngobrol sama macan?

#reza d'bhro:

Aku ... telat tiga bulan
Aku ... bertanggungjawab. Aku minta maaf dan berjanji tidak mengulanginya lagi.

#l_na: kalau pertanggungjawaban? Pertanggungan jawab? Responsive? Bingung. Untung blog ini gak dijadikan nilai tugas.