Monday, March 12, 2007

Tips Menulis FYP Report [Skripsi, bahasa tumbuh-tumbuhan]

Berikut adalah informasi berguna untuk menulis FYP Report:

1. Matikan MSN.
Dengan mematikan MSN, maka anda akan menggunakan Yahoo Messenger, Skype, dan Google Chat meningkatkan produktivitas. Selesaikan report dalam waktu sesingkat-singkatnya tanpa gangguan chatting dengan teman, apalagi lawan. Terbukti chatting menghabiskan banyak waktu. Akibat: report tidak selesai tepat waktu.

2. Nyalakan lampu meja dan lampu kamar.

Cahaya dari komputer [saja] tanpa cahaya dari sekitar, membuat mata mengenali intensitas cahaya menjadi sangat padat. Akibatnya, mata menjadi lebih cepat lelah, dan ranjang lebih terlihat menggoda dalam suasana remang-remang. Disusul dengan magnet yang sangat kuat, dan mata terpejam dengan niat hati suci murni "ah-istirahat-sebentar-masak-gak-boleh". Akibat: report tidak selesai tepat waktu.

3. Setel lagu, tapi bukan sembarang lagu.
Jangan menyetel lagu dalam bahasa yang anda mengerti. Jika kamu memutar lagu Sheila on 7, kemungkinan besar kamu akan manggut-manggut mengikuti ketukan bass nya, dan tanpa sadar ikut bernyanyi. Dalam beberapa kasus, pikiran melayang ke zaman-zaman SMA, dan mulai membuka friendster. Lima jam kemudian, setelah mengisi semua kuisioner di buletin, mulai panik. Akibat: report tidak selesai tepat waktu.

Sambungan nomer 3 tadi.
Bagusnya lagu vietnam.

4. Minum air putih biar gak ngantuk.
Panda Tambun telah melakukan research membandingkan efektivitas air putih, kopi, dan rokok untuk teman kerja report. Air putih menang telak di bidang finansial. Kandidat berikut nya, dengan efek yang lebih mujarab, adalah kopi. Dianjurkan beli Nescafe kaleng. Meski harganya lebih mahal dari sachet bubuk yang instan, Nescafe kaleng lebih cost benefit kalau tahu trik memakainya.

Masukkan Nescafe kaleng ke kulkas sebelum dipakai. Setelah sekitar 30 menit, mestinya sudah mulai dingin. Kalau sudah mulai ngantuk, tempel-tempelkan kaleng Nescafe ke pelipis, dahi, pipi, dan pelupuk mata [yang ini harap dilakukan sambil merem]. Segar? Langkah berikutnya, masukkan kaleng Nescafe ke kulkas. Lalu kerjakan report lagi.


Lanjutan nomer 4.
Rokok, tidak baik untuk kesehatan. Tidak sehat untuk kebaikan. Untuk teman-teman muslim, rokok itu مكروه (Makruh). Jika ada di antara pembaca yang sudah terlanjur memilikinya, bisa mengkontak saya, saya rela menanggungnya.

5. Tidur pagian, bangun pagian.
Terus kerja report. Kalau bangun pagian buat surfing youtube, ya percuma!

Kebanyakan orang ngebut kerja report malam-malam, akibatnya malah capek, dan bangun telat [udah siang]. Total jam kerja malah jadi sedikit. Akibatnya: report tidak selesai tepat waktu.

6. Konsentrasi
Ini yang paling penting. Percuma kerja nya lama, sampai ga tidur, ga makan, ga be ol, ga masuk lecture, ga masuk tutorial, dan lain sebagainya. Tapi ga konsen. Contoh-contoh ga konsen ada banyak sekali. Misalnya, baca blog.

Akibatnya: ketawa-ketawa di depan komputer. Bahkan di-combo dengan online MSN, lalu manggil teman-teman dengan message "baca nih, lucu banget"

Demikian seharusnya saya tidak mengganggu pengerjaan report anda lagi. Sekian dan terima kasih. Bertanya-tanya kenapa Panda Tambun punya waktu untuk nulis tips berguna seperti ini? Berikut adalah trik yang dipakai.

Combo: Ctrl+O, find reference file, Ctrl+A, Ctrl+C, Ctrl+N, Ctrl+V, edit sini situ, kasih gambar besar, kasih gambar besar-besar, kasih gambar besar-besar banyak, kasih gambar besar-besar banyak-banyak, Ctrl+S, Ctrl+P.


Reminder: kalau ngopi report tahun lalu, jangan lupa namanya diganti.

Suhu,
bagi pengalaman.

2 comments:

doramimiauw said...

huahahaha...tips membuat skripsinya ngeyel bgt negh...but at the same time probably true...
ga tau ah-

suhu said...

#dora:
nggak semua yang lu denger itu bener. yang bener ya ... skripsi nya