Thursday, March 22, 2007

Tips Mengumpulkan FYP Report

FYP Report, atau dalam bahasa tumbuh-tumbuhan dikenal sebagai skripsi, tentu punya suka duka duka nestapa nya sendiri. Di beberapa universitas, dikenal dengan nama skripsi, ada pula yang menamakannya Te Ah. Tugas Akhir. Tapi di sebuah universitas ternama di negeri hutan beton, Ninja Turtles University, skripsi disebut FYP. Singkatan dari Final Year Pain-in-the-ass. Meskipun banyak mahasiswa baik-baik yang memlesetkannya menjadi Final Year Project.

Tips-tips menulis FYP Report yang baik efektif bisa dilihat di sini. Lebih seru nya lagi, masalah itu belum selesai kalau report yang sudah ditulis [atau diketik, atau digambar, terserah] belum dikumpulkan ke pihak yang berwajib. Di belahan bumi lain, dikenal sebagai dosen pembimbing, tapi di Ninja Turtles University, for the sake of terdengar keren, kita memakai istilah Sup. Yang merupakan kepanjangan dari supir supermen sup kambing supervisor.

Mengumpulkan FYP report tepat pada waktunya, atau bahkan sebelum deadline. Lalu dipuji supervisor karena hasil kerja yang prima. Dibimbing project officer yang seksi dan masih lajang membantu nge-draw conclusion untuk first draft. Itu semua adalah kasus FYP ideal. Tapi seperti yang kita pelajari dalam dunia engineering, ideal adalah teoritis, dan tidak pernah terjadi.

Karena kebanyakan, kalau tidak semua, dosen di Ninja Turtles University tahu pepatah ini. "Enough with the nice supervisor, only the nasty ones get the job done". Yang artinya, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang belum tentu. Dan Panda Tambun mencoba membantu teman-teman yang mengatasi hal serupa. Dengan memberikan tips-tips submit report, sebagai berikut.

Submit report jam 12 lewat, tapi sebelum jam 1
Tujuannya adalah agar supaya sup sedang lapar, buru-buru hendak makan siang. Jadi waktu kamu submit, dia tidak langsung flip through report kamu. Lebih bagus lagi kalau kamu punya jadwal dia mengajar, submit 3 menit 27 detik sebelum jam dia mengajar. Paling bagus kalau bisa ketemu dia di jalan waktu dia lagi ke kelas tempat dia mengajar. "Eh prof, kebetulan, ini report saya." Sempurna.

Report ditampilkan secara bombastic
Kalau isi daripada report kamu ini tidak begitu bagus. Atau bagus tapi kopi-paste dari report tahun lalu. Kamu harus membuat profesor itu tidak terlalu menaruh perhatian pada isinya. Don't judge the book by its cover adalah pepatah lama dan hanya berlaku kalau the content is better than the cover. Untuk kasus-kasus mayoritas, seperti report Panda Tambun, make the cover as impressive as possible, to avoid the supervisor judge it by is content. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa hal, misalnya, di-binding di library. Sekitar 2$. Grafik di-print berwarna. Warna-warni, kalau warna hitam ya percuma print warna. Kalau kamu merasa cakep dan menarik, foto bisa disertakan di cover. Sekaligus mewujudkan impian jadi coverboy/covergirl.

Kumpulkan tepat waktu
Kalau diminta kumpul tanggal 12 Maret, jangan dikumpulkan tanggal 13 Maret tahun sebelumnya. Kumpulkanlah pada tanggal 12, atau sepagi-paginya tanggal 11. Jadi waktu tatap muka kamu bisa deliver speech sebagai berikut. Sebenarnya tanggal 2 udah selesai prof, tapi kayaknya saya masih bisa improve di chapter efek fisika kuantum pada interaksi sosial antar umat beragama. Lalu jelaskan bahwa ternyata kamu salah, dan improvement yang direncakan batal karena tidak berkaitan dengan topik skripsi kamu yang notabene adalah kimia anorganik.

Meskipun ini adalah hal-hal sepele, tapi ini bisa sangat membantu dan berpengaruh dalam nilai dan hasil akhir skripsi kamu. Jangan anggap tips ini main-main. Tips ini sudah dicoba dan efeknya positif. Terutama yang jam makan siang itu. Sup ku buru-buru, mukanya pucat kelaparan, aku submit. Sempurna.

Suhu,
sudah ngumpul.

No comments: