Thursday, September 07, 2006

Semester Tujuh, Tanpa Mengeluh?

Masih seperti Kisah di Balik Hutan Bambu season 1, Panda Tambun akan bercerita tentang kehidupan akademisnya. Yang, percayalah, tidak se-asyik kedengarannya. Untuk mahasiswa Ninja Turtles University tentu sudah tahu bahwa blog ini menceritakan satu sisi ceria hidup Panda nyaris punah. Karena kisah penyiksaan Panda oleh konspirasi berkedok lembaga pendidikan tidak akan diceritakan secara mendetil. Blog ini untuk konsumsi umum, ingat?

Singkat kata singkat cerita, semester ini Suhu mengambil 28 SKS. Terima kasih. Tepuk tangan pembaca sangat saya hargai. Ah ini bukan apa-apa, Septian ngambil 30 AU. Bukan manusia. Mari kita lihat apa saja yang menjadi beban hidup Panda Tambun semester ini. Ada tiga kategori pelajaran, yaitu sulit, lebih sulit, dan paling sulit Major-PE [Harus-Milih], Major-Core [Harus-Dipilih], dan Hard-Core FYP [Skripsi].

Berikut adalah pelajaran yang disediakan dari sejumlah Subject, dan harus memilih dari list itu. Harus Milih. Nggak boleh nggak milih. Tapi tidak harus milih subject tertentu. Macam-macam nya ada banyak, dan masuk ke beberapa kategori. Orang-orang memilih untuk mengambil dari satu kategori, sehingga nanti di ijazah kelulusan akan tertulis Sarjana Teknik Sipil spesialis Struktur. Tapi karena Suhu tidak punya kecerdasan cukup untuk mengambil spesialisasi ingin punya banyak teman, Suhu mengambil tiga subjek, dari tiga kategori berbeda. Ayo tepuk tangan.

Sudah. Terima kasih tepuk tangannya.

Dari kategori Struktur- CV4254 Prestressed Concrete
Di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Beton Prategang. Untuk Suhu yang selama magang sudah membangun jembatan dengan teknologi Prestressed di Marina Channel, pelajaran ini ecek-ecek. Sejauh ini sudah berbekal nilai penuh di quiz pertama. Awal yang baik, semoga berujung akhir yang sempurna. Buat yang mau ke Marina Channel, jangan lewat pedestrian bridge. Yang mbangun masih mahasiswa.

Kategori Transportasi- CV4451 Traffic Engineering
Pada pelajaran ini kita diajari untuk mengamati Traffic Behaviour, tentang berbagai kemungkinan yang terjadi dalam lalu lintas. Mulai dari kasus bottle-neck [keluar masuk jalan tol Jakarta], sampai fenomena yang terjadi pada kecelakaan lalu lintas [shockwave dan after-effect/impact]. Lain kali kita bahas ini panjang lebar.

Juga dari Kategori Lingkungan- CV4552 Wastewater Engineering
Seperti namanya, kita belajar tentang limbah. Pipe system, Sewage, dan Manhole. Ini adalah dampak karena magang di tempat daur ulang air, jadi melihat prospek kerja di tempat seperti ini. Pelajaran ini, Suhu cukup tertinggal. Entah karena skip, atau karena memang tidak niat.

Itu adalah tiga subjek dari jenis subjek Harus Milih. Berikut adalah mata pelajaran Core yang harus diambil semua mahasiswa tahun keempat.

CV4201 Civil Engineering Management
Membahas .... manajemen. Jangan tanya. Aku nggak pernah masuk kuliah.

CV4202 Human Resource Management and Entrepreneurship
Bullshit. Aku memilih Teknik Sipil karena aku mau jadi karyawan, salaryman, worker, all my life. If I want to be an Entrepreneur, I will take the Minor you offer me. Stop this nonsense by making it compulsory for Engineering student to take. I don't want to be an Entrepreneur, working on my own, blah blah blah whatever you offer me. Even if I want to, I wil learn it my way, the hard one. Wasting my time. Hang Heng.

CV4902 Integrated Design
Buah dari semua kesengsaraan. Subjek ini adalah projek. Satu tim terdiri dari enam orang. Empat di antaranya warga negara Singapura. Satu Indonesia [aku]. Satu Myanmar. Kita dipaksa diminta untuk menggunakan segala pengetahuan kita selama ini, untuk mengerjakan sebuah project. Jembatan yang menghubungkan kantin A dan NIE. More update is coming, your engineer at your service.

Yang terakhir. Paling menyita banyak waktu. Dan perhatian.

Bukan. Bukan tgwinmg.

Bahkan yang terakhir ini sering membuat tgwinmg terlantar.

Skripsi.
Deflection Control in Concrete. Kalau kamu nggak ngerti ya sudah. Aku juga.

Suhu,
berjuang melawan kejahatan berkedok lembaga pendidikan.

3 comments:

Reza d'Bhro said...

HRM... betul bung.... ane masuk eng juga karena pengen kerja, bukan pengen buka toko sendiri.... bullshit lah pelajaran itu....

Anonymous said...

skripsi memang mengerikan, ~_~!!!!

suhu said...

#reza:
coba ngomong yang keras di kelas. "bullshit lah this subject"

#ano:
Sssshhh.... dia bisa mendengarmu...