Sunday, September 10, 2006

Isi Hati Seorang Kekasih

Buat yang belum tahu, tgwinmg adalah salah seorang pengurus utama di organisasi besar yang ada di Singapura. Organisasi besar ini, namanya AIESEC dirahasiakan agar reputasinya tidak jelek. Karena mungkin posting ini akan berisi uneg-uneg isi hati seorang kekasih pengurus utama organisasi AIESEC yang namanya akan tetap dirahasiakan. Untuk lebih mudah, organisasi ini, mulai sekarang, akan kita sebut @. Iya. @. Nama yang cukup mudah diingat, kan?

Hari Sabtu pagi tgwinmg akan pergi ke @ camp, sebuah acara yang ditujukan untuk mempersatukan anggota-anggota baru organisasi @. Agar mereka senang di dalamnya, dan di tahun berikutnya terjebak perangkap yang dipasang senior-senior nya mau menjadi pengurus mendatang di masa depan. Sama seperti tgwinmg tahun lalu. Mereka are going to have fun. Juniornya, tentunya.

Siapa yang tahu bahwa seniornya tidak akan sesenang juniornya. Buat yang sudah berpengalaman organisasi, tentu sudah tahu, bahwa menjadi penyelenggara acara itu tidak mudah. Karena apa? Karena eh karena, kita harus mengatur, dan apa pun yang tidak beres, itu jadi masalah kita.

Disclaimer: Entry sesudah baris ini, this post will contain biased opinions towards group of people. Demikian pula entry sebelum baris ini.

tgwinmg, seperti layaknya manusia biasa, tidaklah sempurna. Meskipun dia mendekati. Mendekati sempurna. Tapi belum. Kekurangannya adalah suka cari masalah, bikin masalah, bikin gara-gara, misalnya tanpa sebab yang jelas mukulin orang yang lagi antri di kasir supermarket, dan sejenisnya dia tidak tahan melihat ketidaksempurnaan di sekitarnya. Apa istilahnya untuk itu? Ada yang tahu?

Anorexia? Bukan. Sudah hampir benar. Ayo ada yang lain yang tahu?

Kamu yang pakai baju kuning kotak-kotak.

Iyak benul. Bo Liao. Perfeksionis. Itu kata yang tepat.

Di sebuah organisasi yang corrupted, seperti @. Banyak hal-hal yang tidak beres. How do you spell banyak? B-U-A-A-A-A-N-Y-A-A-A-K. Dan posisi tgwinmg sangat cocok di organisasi @ ini. C-U-O-C-U-O-K. Karena tgwinmg sangat risih melihat hal tidak dikerjakan dengan benar. Dan dia akan membenarkannya. Baik hati? Iya. Bego? Jawabnya, tentu tidak. [Karena tgwinmg bisa kickboxing, jawaban ini akan sangat mempengaruhi kesehatan penulis.]

Tapi jujur saja, Panda Tambun merasa bahwa teman-teman di organisasi @ terlalu mengeksploitasi tgwinmg secara berlebihan. Dari dulu yang namanya Financial Controller itu ngurusin uang. Dan hanya uang. Financial Controller nggak ngurusin acara Lompat Mulai yang terbengkalai karena nggak ada yang mau ngurus. Nggak bingung karena panitia lupa pinjem projector buat acara. Nggak nge-drag acara buat ngasi waktu temannya nyari projector. Kalau yang lain bisa Missing in Action sewaktu kamu lagi berusaha sekuat tenaga menjaga reputasi nama baik organisasi yang sudah tidak ada namanya di depan mataku. Sekali lagi, ini adalah biased opinion.

Somehow, hampir setiap saat, rekan-rekan kerjanya selalu punya damn-valid-reason [valid enough to be damned] sebagai excuse untuk melepas tanggung jawab delegate-the-job. Entah itu mengikuti acara lain. Impresi pertama yang aku dapat, tgwinmg adalah tulang punggung patriot bangsa yang tertinggal di medan perang sendiri saat pejuang lainnya pulang untuk mengambil Tunjangan Hari Raya.

Semua rekannya. Tanpa terkecuali. I mean it.

Yang supposed-to-be-goddamned-retired, termasuk.

Yang pulang ke Malaysia, termasuk.

Yang menghilang entah ke mana, termasuk.

Yang masuk final biz case competition, termasuk.

Yang bikin all girl committee, harem, termasuk.

Yang mirip junkies, termasuk.
Update: sudah diberesin apong

Otak dari semua ini, juga termasuk.

Oh. Buat yang gak mau baca posting panjang. Intinya Suhu lagi jengkel.

Kita kembali ke topik utama. Camp @. Mereka akan bermalam 2 hari 1 malam di daerah Sembawang. Hari Sabtu pagi Suhu mengantar tgwinmg ke halte bus. Dan meninggalkannya begitu dia naik bus sambil menangisi kepergiannya. Lalu hidup lancar seperti biasa.

Pukul enam sore, handphone yang di-silent itu meraung-raung dari dalam laci. Rupanya ada yang menelepon. Belum sempat kulihat siapa, sudah kuangkat.

Suhu, ada di mana? Udah baca sms ku?
Di kamar, ada apa. Aku baru bangun.
tgwinmg sakit. Sekarang dianter pulang ke NTU. Mungkin Suhu bisa nunggu di dekat kamar nya.
Oke. Aku jalan sekarang.
Lho jangan dulu, kami masi di Sembawang.
Oke. Kira-kira jam berapa nyampe sini.

Plek. Tut tut tut. Telpon ditutup.

Aku sms, tanya tentang detail gejala sakit, fisikal atau spiritual, waktu perjalanan, sarana transportasi, dan detil persiapan yang perlu disiapkan di sini. Lalu berbekal pengalaman navigasi selama magang, aku ingat bahwa Sembawang terletak agak tidak dekat dengan NTU. Tepatnya, NTU tidak dekat dengan mana pun.

Aku memutuskan untuk mandi. Ditakutkan tgwinmg malah pingsan dikarenakan Panda Tambun memancarkan aroma kekuasaan hutan bambu. Setelah mandi, belum ada balasan sms. Diputuskan untuk standby di halte bus. Tak lama, HP berdering. Ada sms.

Lagi kesasar di expressway.


Dan tingkat paranormal Suhu gagal untuk mencerna maksud pesan di atas. Sangat singkat, padat, dan tidak jelas. Untunglah sebelum Suhu meneriakkan pekik Primal Roar : Berserker Fury!!! ada sebuah telpon masuk. Rupanya dari ibu presiden organisasi @. Suaranya yang lembut terlihat berusaha menenangkan lawan bicaranya.

Benar-benar politisi.

Cara dia berbicara benar-benar tertata dan terlatih seperti suster rumah sakit bersalin menenangkan bapak-bapak yang panik cemas berkeringat di ruang tunggu. Dan semua nada nya seolah mengatakan tenang-ini-sudah-biasa-terjadi.

Paling tidak dari ibu presiden ini aku dapat semua info yang kuperlukan. Meskipun aku harus TANYA terlebih dahulu. Politisi. Tentu kamu harus tanya lah hu, kalau nggak dia gimana mau kasi tau kamu apa yang mau kamu tau? Fine! Aku udah bilang ini biased opinion. Keep your mouth shut, read this post if you want, or just join the goddamned organization or whatsoever. I'm not Mother Theresa and I don't love people all around the world.

tgwinmg sakit tidak jelas, Berhubungan dengan perut sakit. Gejala mual-mual tidak tertahankan. Lemas, dan tidak kuat berjalan. Sudah minum obat tapi tidak membaik. tgwinmg mengaku punya obat-obatan lebih lengkap di rumah. Sekarang tgwinmg ditemani tiga orang temannya, satu di antaranya menyetir mobil, sedang diantar ke NTU [yang terbukti kesasar di expressway]. Harap Suhu menjemput. For God's sake, don't you know we need a doctor, not a civil engineer? tgwinmg akan mencapai NTU dalam kurun waktu setengah jam dari waktu bicara, yang tentu harus di-offset karena ibu presiden tidak tahu bahwa mereka kesasar.

Beberapa hal yang perlu diperjelas di sini. Suhu tidak men-discourage siapa pun untuk join organisasi @. Perlu diperjelas ini adalah opini pribadi. Lebih dari satu orang [baca: dua] telah diberi informasi tentang organisasi ini oleh Suhu dan mereka sekarang menjadi member. Dan Suhu menyesalinya, karena merasa menjebak teman sendiri.

Setelah waktu yang lama menunggu yang cukup untuk dibuat membelikan bubur untuk tgwinmg, membeli makan malam untuk diri sendiri, menghabiskan makan malam, dan mengambil porsi kedua, akhirnya tgwinmg sampai ke NTU. Dalam kepanikan, tgwinmg nampak sangat kesakitan.

Setelah mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang mengantarkan dan melontarkan tatapan mata this-is-exactly-why-I-do-not-like-you-people disertai aura tidak-ramah-lingkungan, tiga teman tgwinmg dari organisasi @ meninggalkan lokasi kejadian.

Rupanya tgwinmg terkena serangan di jalur pencernaan. Dikarenakan beberapa kekacauan struktur yang mendasar di organisasi ini, dan delegasi yang tumpang tindih, dan beberapa kesalahan komunikasi kecil yang berbuntut malapetaka. Makanan kurang. Dan layaknya seorang yang selalu berkorban untuk sesamanya, tgwinmg merelakan untuk makan belakangan. Padahal malam kemarinnya, tgwinmg tidak makan proper meal for dinner. Dan makanan yang ada ternyata pedas. Perut kosong, makan telat, disikat makanan pedas. Kamu tahu jawabnya.

Kenapa makanan bisa kurang? Kenapa rekan-rekannya dari universitas lain bisa duduk mojok dan makan duluan padahal juniornya belum semua dapat makan? Kenapa yang bertugas mengurus makanan bisa lenyap secara hampir bersamaan? Kenapa yang tersisa tidak dipanggang dan dijadikan makan siang darurat? Of all the freaking things happened, why it has to be you? Kenapa harus kamu yang mengalah? Kenapa SELALU kamu?

Dan kamu cuma bilang "Jangan marah ke teman-temanku ya".

Kamu kira itu mudah? Untuk tidak membenci teman-temanmu.

Voting.

Tujuh dari sepuluh wanita Indonesia pasti bilang itu tidak mudah.

Suhu,
cuma ingin seberkas senyuman, bukan meringis.

2 comments:

Anonymous said...

My girlfriend is one kind like yours. Mengalah & berkorban utk orang2 sekitarnya. Don't care about themselves. They're just too nice... I feel you Suhu!

suhu said...

Yeah! I feel you man!