Sunday, September 03, 2006

Industrial Attachment Lagi?

Masih teringat masa-masa setengah tahun bekerja dengan tujuan menabung modal untuk kawin memenuhi persyaratan lulus kuliah. Benul. Maksudku magang. Sekarang magang sudah selesai. Jadi tidak ada yang perlu dibahas.

Posting ini berakhir di sini.

Lho.

Teringat Industrial Attachment karena tiba-tiba malam itu handphone berdering. Terdengar suara di sebelah sana.


Hey, can I speak to Mr Adi, please?
Speaking, anything I can help?
Do you still remember me?
Suhu berpikir keras.
Lebih keras.
Lebih dalam.
Lebih dalam.
Di hitungan ketiga anda akan tertidur lebih dalam.

No.
This is Ferdie from B&V.


Dari company IA, tempat aku magang dulu. Black & Veatch. Singkat cerita, mereka sedang memerlukan orang. Seperti aku. Bukan, bukan perlu orang gendut untuk menghabiskan ransum makanan kantor. Mereka sedang memerlukan seorang Photoshop hardcore maniak geek nerd enthusiast untuk bekerja full-time [baca: gaji-tinggi-tapi-masuk-kantor-tiap-hari] di sana. Dan nampaknya kerjaku selama setengah tahun di sana, sebagai mahasiswa Teknik Sipil, menuntun jalan hidupku ke Photoshop.

Benul. Photoshop. Lagi. Mari kita gubrak bersama. gubraaaaak.

Mereka suka hasil kerjaku. Sebelum aku datang, mereka tidak peduli dengan penampilan luar, grafis desain pun jadi sesuatu yang dianaktirikan. Dasar Engineer. Mereka lebih percaya 'Don't judge the book by its cover' dan kadang lupa 'Membuka segel berarti membeli' membuat orang cenderung menilai dari penampilan luar saja. Sedih tapi nyata. Setelah aku berhenti dari sana, mereka mulai merasakan sesuatu yang hilang. Desain Suhu memang addictive.

Beberapa adik kelas seperti Halim, Feby, Dhana, dan adik-adik Sipil '04 juga sudah mulai memilih perusahaan untuk magang semester depan. Tentu saja sebagai kakak kelas yang baik berbudi luhur suka menolong dan taat peraturan lalu lintas, aku akan memberikan tips-tips:


1. Pilih company yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kita.
2. Pilih company yang gajinya tidak terlalu dekat dengan UMR [Upah Minimum Regional, bukan Upah Makmur Rakyat].
3. Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan.
4. Apapun hasilnya, jalani dengan sepenuh hati. Teruslah berpikir "Ini cuma satu semester.", niscaya perasaan akan membaik. Bayangkan ada orang yang harus magang setahun.



Cari teman yang banyak di kantor. Tinggalkan impresi yang baik. Karena makin tinggi impression, makin tinggi chance CTR meningkat. Siapa tahu nanti ditelpon lagi untuk diajak balik ke kantor, baik untuk kerja lagi atau cuma diajak makan malam bersama. Atau disuruh tanggung jawab atas kesalahan fatal selama magang. Buatlah agar masa magangmu tidak sia-sia.

Ingat. Always give 100% at work.

Suhu,
magang lagi?

No comments: