Tuesday, September 12, 2006

Bukan Sekedar Tragedi

Posting 11 September tapi tidak akan membahas tragedi logam terbang besar menabrak bangunan tinggi menjulang. Kalau kamu mau tahu ceritanya, cari di tempat lain. Sudah banyak yang membahas. Sejujurnya aku heran, kenapa begitu banyak orang yang membahas peristiwa 9/11 di WTC, ketika sebenarnya pada tanggal yang sama telah terjadi sesuatu yang jauh lebih buruk untuk dunia.

Kelahiran cece ku. Happy birthday, ce.

Untung yang belum tahu, cece adalah panggilan kakak perempuan di keluarga Indonesia keturunan Tionghoa. Yes, I'm Indonesian-chinese, and I have a sister! What did I do in my previous life so i deserve this?

Dan untuk lebih memperburuk suasana. Terutama untuk komunitas kucing di seluruh dunia. Animal In Ethereal Suicidal Especially Cat. Mereka merasakan kehadiran Sang Psikopat. Dilahirkan di tanggal yang sama. Happy birthday, Pong.

Ulang tahun Apong kita rayakan dengan mengurbankan setengah lusin kucing memanggil teman-teman Apong dari CE [Computer Engineering]. Sebenarnya sangat mudah untuk membagikan undangan ulang tahun Apong, dan hal ini baru kita sadari di hari yang berbahagia ini. Apong, adalah seorang pria yang punya banyak teman, di mana saja. Biasanya, kami harus mencari-cari dari phonebook kami, siapa yang diundang dan siapa yang tidak. Tapi tidak untuk ultah Apong.

Berikut percakapan Suhu dan tgwinmg untuk urusan undangan, dengan nama undangan disamarkan.
Amir teman Apong?
Yup. Undang.
Hasan?
Yup. Undang.
Arifin?
Itu musuh Apong. Tapi gak masalah, Arifin sudah meninggal dua bulan lalu.

Apong mungkin adalah orang yang tidak punya musuh. Karena tiap orang yang bermusuhan dengan dia, dia bunuh. Hari itu pesta ulang tahun Apong kami adakan di building SADM. Itu adalah singkatan yang diberikan NTU untuk School of Another Donation Money School of Art Design Media. Kami memilih tempat itu karena tempat itu memenuhi beberapa kategori untuk pesta ulang tahun.

1. Letak strategis di tengah kompleks perumahan Ninja Turtle University.
2. Ada air.
3. Air cukup dangkal untuk yang tidak bisa berenang.
4. Air cukup dangkal agar yang diceburkan bisa menyentuh permukaan dasar dengan keras. Ouch.

Dan beberapa kualifikasi ekstra yang menyebabkan SADM menjadi tempat sempurna untuk merayakan ultah.
1. Ada luncuran ke kolam. Iya. Yang dangkal itu.
2. Tinggi luncuran sekitar 5 lantai.
3. Luncuran tidak rata.
4. Ada perairan di ujung luncuran. Dan dangkal. Sempurna.

Meskipun ada beberapa hal yang membuat Suhu sebagai organizer merasa tidak enak hati. Masak ada yang minta pulang sebelum acara dimulai? Tapi Suhu cuek saja dan merasa itu adalah sikap kekanak-kanakan belaka dan memutuskan agar melalui acara ini dengan gembira. Sempat terpikir untuk mengganti kurban ultah kali ini, tapi karena masih menaruh rasa hormat pada Arianto maka ide ini tidak disalurkan.

Untuk lebih memperkeruh suasana, saat undangan belum semuanya hadir. Najib, yang menjadi emcee malam ini, masuk ke air dan melakukan pose-pose penampakan. Dan melakukan beberapa gerakan yang rupanya dipercaya sebagai tarian meminta hujan. Maka air kencing dewa pun mengguyur dari langit sehingga kita harus berteduh di dalam. Di dalam gedung SADM. Yang luar biasa mahal.

The best part, lecture theatre tidak dikunci dan AC masih nyala. Ask for more. Acara ulang tahun Apong berjalan di LT SADM NTU Sgp Pte Ltd. Buat yang nggak ngerti, ini adalah singkatan dari Lecture Theatre School of Art Design Media Nanyang Technological University dan aku hidup selama empat tahun menghafalkan singkatan-singkatan gak jelas seperti ini. Apong nampak senang sekali.

Ada sebuah sesi testimonial. Seperti Friendster. Bedanya, Apong tidak bisa me-reject Testimonial jelek. Tapi kami tetap memberi testimonial bagus-bagus karena kami memikirkan masa depan dan masih mengharapkan umur panjang. Kami tidak mau join Animal In Ethereal Suicidal Especially Cat. Julius, Alex, Vidy, Andreas, Najib, Yessy, Suhu, dan beberapa orang lain memberikan sebilah informasi tentang Apong.

Tapi kemudian jadi sesi curhat saat Apong menceritakan kisah hidup nya. Beberapa wanita meneteskan air mata ketika Apong mengakui bahwa dia sudah tidak perjaka lagi. Lalu dari pintu belakan LT, seorang anak kecil berlari dengan langkah terbata-bata dan berteriak "Papa!". Semua hadirin menitikkan air mata.

Paragraf terakhir bo'ong.

First cake, diberikan pada seorang cowok. Mantan roommate Apong. Andreas Lee. Untuk yang mengikuti kisah di balik hutan bambu season 1, tentu nama-nama ini sudah familiar dengan kalian. Akhir dari kisah di balik hutan bambu season 1, Panda Tambun pindah ke hutan bambu di pucuk gunung. Andreas Lee dan Alfonso hidup pisah ranjang, masing-masing mendapat single room.

Lalu, the rest of the cake, diberikan pada the rest of them.

Tidak ada korban jiwa dalam penyelenggaraan acara ini. So far.

Suhu,
happy birthday Ce, happy birthday Pong. Hang on there, cat.

2 comments:

Anonymous said...

lho, kakak bukannya cici ya panda? kok cece?*kaya org sunda =D*

suhu said...

#ano:
ya kan cici ane orang sunda. lho?